» » » Info Alur Pelayanan Kapal dan Barang di Pelindo II Tanjung Priok Jakarta

1. Pelayanan Kapal

 

Layanan kapal dapat digambarkan dengan ilustrasi berikut ini. Misalnya, sebuah kapal barang hendak masuk ke pelabuhan yang dikelola IPC. Kapal barang tersebut harus berlabuh di luar pelabuhan, lalu syahbandar memeriksa kelengkapan dokumennya.


Tujuannya untuk menentukan apakah kapal barang tersebut layak laut dan telah memenuhi ketentuan keselamatan pelayaran. Selain itu petugas bea cukai, imigrasi, serta dinas kesehatan dan karantina melakukan tugasnya di sini. Sambil menunggu pemeriksaan dari petugas yang bersangkutan, serta menunggu informasi dari pelabuhan berkaitan dengan bisakah bersandar di dermaga, maka kapal
tersebut dikenakan biaya jasa labuh.


Bila informasi dari dermaga menyatakan ada tempat kosong untuk bersandar, maka kapal barang tersebut segera berangkat menuju pelabuhan dan dermaga. Untuk menjaga keselamatan awak dan keamanan kapal, maka mesin kapal dimatikan, karena kedalaman lautnya kian berkurang.


Kapal barang berjalan dengan mesin mati yang terikat tambang di antara dua kapal tunda yang berada di depan dan di belakang. Orang yang memandu kapal untuk masuk dan keluar pelabuhan dinamakan jasa pandu. Perjalanan kapal barang masuk ke pelabuhan
menuju dermaga ini dikenakan biaya jasa tunda dan jasa pandu.


Ketika mendekat dermaga, posisi diambil alih kapal kepil untuk membantu menambatkan kapal di dermaga. Di sini dikenakan biaya jasa kepil dan jasa tambat. Begitu pula sebaliknya saat kapal barang berangkat dari dermaga menuju laut lepas, dikenakan biaya jasa kepil, jasa pandu, dan jasa tunda.


JASA LABUH
Deskripsi : Jasa yang diberikan terhadap kapal agar dapat berlabuh dengan aman menunggu pelayanan berikut seperti tambat, bongkar muat atau menunggu pelayanan lainnya (docking, pengurusan dokumen dan lain-lain).
Fitur :

  • Menghindari kemungkinan bertabrakan dengan kapal lain yang sedang berlabuh.
  • Memastikan kedalaman air agar kapal tidak kandas. Tidak menunggu alur pelayaran.

JASA PANDU
Deskripsi : Jasa pemanduan kapal sewaktu memasuki alur pelayaran menuju dermaga atau kolam pelabuhan untuk berlabuh.
Fitur : Untuk menjaga keselamatan kapal, penumpang dan muatannya ketika memasuki alur pelabuhan.


JASA TUNDA DAN KEPIL
Deskripsi : Melaksanakan pekerjaan untuk mengikat dan melepaskan tali kapal-kapal yang berolah gerak akan bersandar atau bertolak dari atau satu dermaga, jembatan, pelampung, dolphin dan lain-lain.


JASA TAMBAT
Deskripsi : Jasa yang diberikan utuk kapal bertambat pada tambatan dan secara teknis dalam kondisi yang aman, untuk dapat melakukan bongkar muat dengan lancar dan aman.
Fitur : Untuk menghindari ineffisiensi karena penggunaan tambatan tidak optimal.


JASA PELAYANAN AIR

Jasa yang diberikan untuk penyerahan air tawar dari darat ke kapal untuk keperluan kapal dan Anak Buah Kapalnya.


JASA TELEPON
Deskripsi : Jasa yang diberikan untuk pelayanan telepon extention dari darat ke kapal untk kepentingan kapal dan Anak Buah Kapal.


 

2. Pelayanan Barang


Layanan barang (kargo) terdiri dari jasa dermaga umum, dermaga khusus, jasa lapangan, dan jasa gudang. Jasa tersebut merupakan jasa yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Namun dalam pelaksanaannya, bekerja sama dengan anak-anak perusahaan, IPC menjalankan pelayanan terpadu. IPC menyediakan pelayanan bongkar muat mulai dari kapal hingga penyerahan ke pemilik barang.


Sebuah kapal barang yang bersandar di dermaga melakukan aktivitas bongkar muat barang di dermaga maka kapal tersebut dikenakan biaya jasa dermaga. Barang lalu dikirim ke penumpukan lapangan atau gudang maka dikenakan biaya jasa penumpukan.


Layanan rupa-rupa merupakan jasa layanan yang menunjang kegiatan yang ada di pelabuhan, meliputi jasa sewa alat-alat pelabuhan, penyediaan listrik, dan telepon. Misalnya pihak kapal barang menyewa alat derek (crane) untuk mengangkat atau memindahkan barang saat di kapal atau di dermaga. Untuk hal tersebut kapal barang dikenakan biaya sewa crane. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan telepon.


Layanan penumpang IPC melayani kapal-kapal yang mengangkut penumpang domestik, misalnya antarpulau atau antarprovinsi.

Jasa Bongkar Muat
Kegiatan pelayanan bongkar muat barang sejak dari kapal hingga saat menyerahkan kepada pemilik barang.
Fitur : 

  • Stevedoring, yaitu kegiatan yang dilakukan sejak membongkar/memuat di palka kapal hingga melepas ganco di dermaga.
  • Corgodoring, yaitu menyusun barang sejak dari dermaga hingga ke gudang/lapangan atau sebaliknya.
  • Receiving/Delivery, yaitu pekerjaan menyerahkan atau menerima barang di pintu gudang lini I dari/ke atas truk atau sebaliknya.

Pelayanan Dermaga
Pelayanan penangan barang di dermaga.
Fitur : Mengatur kelancaran arus barang di dermaga.


Jasa Penumpukan
Pelayanan penumpukan barang di gudang sampai dengan dikeluarkan dari tempat penumpukan untuk dimuat atau diserahkan kepada pemilik.
Fitur :

  • Menentukan ruang tempat penumpukan.
  • Mengatur penggunaan dan ketertiban ruang penumpukan.
  • Menenliti kebenaran jumlah koli ukuran, kondisi kemasan dan jenis barang yang keluar/masuk ke dan dari tempat penumpukan serta ukuran barang yang dibongkar muat.
  • Memungut dan menerima sewa penumpukan dan uang dermaga sesuai ketentuan yang berlaku.


(Sumber : http://www.indonesiaport.co.id / Rhp)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini