» » » Joko Noerhuda Nahkoda Baru Pelindo III

Surabaya, eMaritim.Com - Kini Pelabuhan Tanjung Perak memiliki nahkoda baru, Joko Noerhuda yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Perencanaan Strategis Pelindo III, pada  Sabtu (5/3/2016) dilantik oleh Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto sebagai GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Joko Noerhuda menggantikan Agus Hermawan Deputy Penunjang Operasi yang ditugaskan sebagai Pelaksana Harian GM  Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Edi Priyanto Kepala Humas PT Pelindo III pasca pelantikan dan serah terima jabatan di Graha Barunawati mengatakan  acara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan pembinaan karir, secara profesional melalui kompetisi sesuai kinerja dan pola karir yang telah ditetapkan perusahan.

Awalnya Pelindo III membuka lowongan jabatan General Manajer (GM) secara terbuka melalui media nasional pada Januari 2016 lalu. Pelindo III tidak hanya memberikan kesempatan kepada pegawai internal untuk mengikuti tender sebagai GM Pelabuhan Tanjung Perak..Namun, juga memberikan kesempatan kepada kalangan profesional yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jabatan GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

“Dalam persyaratan diantaranya disamping memiliki pengalaman pada bidang pelayaran dan kepelabuhanan yang memadai, para pelamar juga wajib membuat dan mempresentasikan makalah dengan tema 'peningkatan produktivitas, pengembangan bisnis dan kinerja di Pelabuhan Tanjung Perak'. Puluhan pelamar ikut serta dalam tender jabatan GM Pelabuhan Tanjung Perak tersebut dan setelah melalui proses dan tahapan seleksi, akhirnya terpilih dengan hasil nilai assesment tertinggi adalah Joko Noerhuda, sehingga yang bersangkutan ditetapkan menjadi GM Pelabuhan Tanjung Perak,"jelas Edi.

Edi lebih lanjut mengatakan dengan hasil tersebut juga menunjukkan keberhasilan pembinaan SDM yang dilakukan Pelindo III selama ini. Hal ini  terbukti dari puluhan pelamar yang mengajukan dan setelah proses seleksi, pelamar yang lolos dalam tahap wawancara dan presentasi masih didominasi oleh calon dari internal Pelindo III, dan pada hasil akhir mampu mengalahkan pelamar profesional dari luar Pelindo III.

Pengisian jabatan general manajer pada pelabuhan cabang di lingkungan Pelindo III dilakukan melalui proses tender, sebelum tender terbuka jabatan GM Pelabuhan Tanjung Perak. Sebelumnya tender terbuka juga pernah dilakukan untuk mengisi posisi GM Terminal Petikemas Semarang (TPKS). Tak hanya general manajer pada pelabuhan kelas utama yang dilakukan tender, namun pada jabatan satu level dibawah direksi, dalam pengisian formasi dilakukan dengan melakukan terder internal perusahaan.

“Terhadap pengisian jabatan struktural di Pelindo III dilakukan melalui tender, baik tender terbuka maupun tender internal. Dengan proses seperti ini, diharapkan perusahaan memperoleh pejabat struktural yang profesional, menciptakan kompetisi yang sehat, memiliki kompetensi tinggi, berkinerja baik,  berintegritas, dan  sesuai  harapan organisasi," ujar Edi.

Dalam kesempatan yang sama, disamping GM Pelabuhan Tanjung Perak yang dilantik, juga dilakukan pelantikan GM Pelabuhan Kotabaru yaitu Capt. Recky Julius Uruilal menggantikan Gusti Chairudin yang telah memasuki masa pensiun.

Selanjutnya Faruq Hidayat dilantik menjadi Kepala Biro Perencanaan Strategis menggantikan Joko Noerhuda yang mendapatkan promosi sebagai GM Pelabuhan Tanjung Perak. Sedangkan Hendiek Eko Setiantoro dilantik menjadi Senior Manajer Fasilitas Pelabuhan menggantikan Faruq Hidayat dan Kokok Susanto menjadi Pjs Senior Manajer Supervisi Teknik menggantikan Hendiek Eko Setiantoro. 
  (**/pelindo tiga/ rhp)

 Sumber foto: Pelindo III
 Editor           : Pulo Lasman Simanjuntak

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini