» » » Pelindo III Terapkan Portal Anjungan

Gresik, eMaritim.com –  Guna mempermudah pengguna jasa dalam mengajukan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan, maka PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut dengan Pelindo III memeberikan sosialisasi penggunaan portal anjungan, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pelabuhan Gresik, Kamis (17/03/2016).

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Bambang Hasbullah Deputy Bidang Operasional Pelindo III Cabang Tanjung Perak. "Kami wajib menyediakan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Kami masih berusaha agar sistem online ini bisa dilakukan di seluruh cabang Pelindo III juga di kawasan. Karena itu kami juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk portal anjungan ini agar dapat melayani secara optimal," ujarnya.

Penggunaan portal anjungan ini akan dimulai pada 1 April 2016, sehingga para pengguna jasa bisa melakukan pembayaran secara online dimana saja melalui bank yang sudah kerjasama dengan pihak Pelindo III.  Pengguna jasa pertama mengajukan permohonan yang ada di portal anjungan setelah itu akan mendapatkan kode bayar dilanjutkan dengan pembayaran kemudian terbit bukti pelunasan jasa kepelabuhanan lalu penetapan pelayanan terus realisasi pelayanan, selanjutnya pengguna jasa bisa mencetak nota.

"Bagaimana dengan locking system, apakah nanti kita bisa mengajukan keringanannya di Pelabuhan Gresik jadi tidak perlu ke Perak", ujar pengguna jasa dari PT Citra Baru Adinusantara dalam sesi tanya jawab.

Bambang juga menjelaskan terkait pertanyaan locking system. "Locking system bisa dilakukan ke Pelabuhan Gresik, nantinya pihak Gresik yang akan meneruskan ke Pelabuhan Perak maka akan ada koordinasi lebih lanjut, dan rencana ke depannya kita akan membuka counter di Pelabuhan Gresik sehingga komplain yang ada bisa langsung terselesaikan dan jelas itu memberikan kemudahan bagi pengguna jasa agar tidak repot ke Tanjung Perak", ucapnya.

Dengan adanya penerapan sistem ini tentu juga memberikan keuntungan bagi pengguna jasa yaitu kesiapan sistem selama 24 jam online, pembayaran lebih fleksibel kepada bank-bank yang sudah bekerjasama dengan Pelindo III seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Jatim. proses bukti pelunasan jasa kepelabuhanan dapat dilakukan secara mandiri, juga adanya monitoring transaksi kapal dan nota dapat lebih cepat sehingga pengguna jasa bisa langsung mengetahui tagihan yang timbul  sekaligus pemantauan piutang.

"Pelayanan jasa kepelabuhanan menggunakan portal anjungan jelas memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, apalagi online 24 jam dan pembayaran bisa dilakukan melalui perbankan", tutur Edi Wartoko Supervisor Operasi Pelayanan Kapal dan Barang Pelabuhan Gresik. (Press Release Pelindo III / Rhp) (Sumber Foto : Pelindo III)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini