» » » Pelindo IV Serap Dana PMN Rp130 Miliar, Pelabuhan Tarakan Siap Bangun Lapangan Penumpukan Petikemas

Kalimantan Utara, eMaritim.com - PT Pelindo IV (Persero) Cabang Pelabuhan Tarakan segera menyerap dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp130 miliar untuk membangun lapangan penumpukan petikemas yang diprediksi pembangunan fisiknya pada sekitar awal semester II tahun ini.


Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan PT Pelindo IV, Kusmahadi Setya Jaya mengatakan dana tersebut ditambah dengan dana internal perusahaan sebesar Rp203,80 miliar, akan digunakan untuk melakukan reklamasi lahan di sekitar pelabuhan dan memindahkan terminal penumpang.


"Kami juga akan menambah panjang dermaga 150 meter dari yang eksisting saat ini 381 meter," kata Kusmahadi.


Terkait lapangan penumpukan petikemas yang akan dibangun kata pria yang akrab disapa Muma ini, nantinya akan memiliki daya tampung kurang lebih 146.000 TEUs per tahun.


"Saat ini, lapangan penumpukan yang ada di Pelabuhan Tarakan hanya berkapasitas 46.000 TEUs per tahun, dengan rerata trafik per tahun yaitu 37.000 TEUs. Jadi, kapasitas yang ada itu akan ditambah 100.000 TEUs per tahun," tuturnya.


Dia menambahkan, saat ini luas lapangan petikemas di Pelabuhan Tarakan hanya 1,2 hektare. Sementara lahan yang akan direklamasi seluas 5,3 hektare. "Namun dari luas lahan reklamasi tersebut, yang akan menjadi lapangan petikemas hanya 3,3 hektare. Sisanya untuk persiapan lahan, yang nantinya juga akan menjadi lapangan penumpukan."


Dia juga mengungkapkan, dengan total anggaran investasi sebesar Rp333,80 miliar yang diperoleh Pelindo IV Cabang Pelabuhan Tarakan tahun ini, pihaknya juga akan memindahkan lokasi terminal penumpang di Pelabuhan Tarakan. Saat ini lanjutnya, lokasi terminal penumpang tersebut agak menjorok ke belakang. Jika sudah dipindahkan nanti, lokasinya akan menjadi di depan.


Terkait fasilitas yang akan dibangun di terminal penumpang yang baru nanti menurutnya, tergantung kebutuhan. Hanya saja yang pasti, daya tampung ruang tunggu penumpang akan lebih besar dari kapasitas di terminal penumpang yang ada sekarang. (Pelindo IV/Rhp) (Sumber Foto: Ilustrasi Pelindo IV)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini