» » » PT Hacienda Ocean Industry bangun kapal Multi Fungsi di Cirebon.

Cirebon 10 Maret 2016 , www.emaritim.com

PT Hacienda Ocean Industry membangun sebuah kapal multi fungsi yang belum pernah dibuat oleh industri offshore sebelumnya .
Kapal dengan jenis Utility Vessel yang bisa di convert menjadi kapal PSV ( Platform Supply Vessel ) itu memiliki keunikan teknologi sendiri .
Dengan panjang sekitar 45 meter , kapal ini memiliki lebar sekitar 15 meter dan memiliki deck space sebesar 350 meter persegi .

Dalam keadaan dimana industri offshore sedang mengalami masa yang sangat sulit , pembangunan kapal ini terlihat seperti memiliki sebuah philosophy yang berbeda .
Menurut kepala projek pembangunan kapal ini  Ir.Suryo Ghita Maharsi   , kapal ini akan menjadi pioneer untuk type kapal yang dibangun dengan ide yang sangat kreatif .
Dengan mesin pendorong yang berjumlah 3 unit , dimana 2 propulsion nya berupa Fix Propeller yang masing masing berkekuatan 1000 HP sementara sebuah mesin lain nya menggunakan propulsion Azimuth Thruster berkekuatan 2000 HP .

Dalam wawancara khusus dengan emaritim , Ir Suryo Ghita Maharsi mengatakan : " Jika ada yang ingin menyewa kapal Utility bermesin 2000 HP , maka Azimuth Thrusternya tidak difungsikan .
Dan apabila ada yang menginginkan kapal PSV bermesin 4000 HP maka semua mesin bisa difungsikan bersamaan ".
Perbedaan nya dengan kapal PSV yang berukuran 60 meter , kapal ini memiliki Tangki Semen bersifat Portable dan bisa diletakkan diatas deck , dan tentu harga sewa kapal ini jauh lebih ekonomis dibanding jenis kapal PSV yang bermesin 2000 HP x 2 unit tersebut .
Tambahan lagi , masih menurut Ir Suryo : "kapal ini memiliki Fuel consumption yang jauh lebih irit , karena saat snatching / stand by mesin yang digunakan hanya 2000 HP saja , dan tentunya menjadi kapal yang ramah lingkungan karena emisinya pun kecil .  Kapal ini bisa support kegiatan Rig dan  juga bisa support kegiatan Accomodation Work Barge  . Stabilitas bukan masalah , karena lebarnya 15 meter maka kapal ini menjadi lebih stabil dan juga memiliki draft yang lebih kecil dibanding kapal kapal sejenis diukurannya sehingga bisa beroperasi di daerah dangkal "

Dibangun di Galangan milik PT Hacienda Ocean Industries sendiri di daerah Kejawenan Cirebon ,projek tersebut dimulai bulan Januari 2016 dan direncanakan selesai di pertengahan tahun 2017 .
Adapun Klasifikasi kapal tersebut menggunakan klas RINA ( Registro Italiano Navale ) dan akan berbendera Indonesia .
Menurut pantauan emaritim.com , kapal ini juga akan memiliki 2 bow thruster dimana 1 unit berkekuatan 3 Ton dan yang lainnya berkekuatan 6 T tenaga dorong .
Rencana acara Ceremonial Keel laying nya akan diadakan pada tanggal 18 Maret 2016  di galangan PT Hacienda Ocean Industries di Cirebon .
Semoga ini menjadi pemicu perusahaan perusahaan lain nya untuk berfikir kreatif dan tetap tegar di saat industri sedang lesu .( zah )


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini