» » » Anak Perusahaan Pelindo IV,Targetkan Pembangunan Terminal Curah Tahun Ini

Kalimantan, eMaritim.com - PT Kaltim Kariangau Terminal, anak usaha PT Pelindo IV (Persero), menargetkan pembangunan terminal curah dimulai pada semester II tahun ini, setelah semua dokumen izin pembangunan selesai.

Manager Pemasaran & Mutu PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), Pattrick Iskandar mengatakan pihaknya memang berencana kedepan akan mengelola tiga segmen usaha yaitu Terminal Petikemas, Terminal Curah dan Terminal Multypurpose.

"Sekarang ini yang sudah jalan baru Terminal Petikemas. Kedepan nanti akan ada terminal curah dan terminal multypurpose yang saat ini masih dalam proses survei, investigasi dan desain," kata Pattrick melalui pesan singkat WhatsApp seperti dikutip eMaritim.com dari Pelindo 4, Jumat (8/4/2016).

Menurutnya, untuk terminal curah akan terbagi dalam dua areal, yaitu curah kering dan curah cair. Direncanakan, mulai dibangun pada semester II/2016 dan diperkirakan selesai pada 2018 mendatang. Saat ini lanjut dia, masih dalam proses persiapan dokumen-dokumen untuk pengajuan izin pembangunan.

Dia menyebutkan, pembangunan dan pengoperasian terminal curah ini ditujukan untuk melayani pangsa pasar yang ada di Kalimantan Timur wilayah selatan, yang selama ini dilayani di pelabuhan di Kalimantan Selatan.

Pihaknya berharap, terminal curah dapat beroperasi pada akhir 2018 atau awal 2019. Namun kata dia, semuanya tergantung pada pengurusan perizinannya. Jika cepat, maka terminal curah itu akan cepat juga beroperasi.

Terkait investasi yang bakal digelontorkan untuk pembangunan terminal curah menurut dia, nilai investasi detailnya baru akan ada setelah proses Detail Engineering Design (DED) yang sedang dikerjakan selesai.

Sementara itu, untuk terminal multypurpose kata Pattrick, tahun ini direncanakan baru akan dilaksanakan proses feasibility study dan DED.

"Untuk terminal multypurpose nantinya akan melayani sebagian pangsa pasar yang ada di Terminal Semayang. Di mana, dalam rencana induk Pelabuhan Balikpapan dan kebijakan pemerintah daerah, general cargo yang selama ini di Pelabuhan Semayang nantinya akan dialihkan ke Terminal Multypurpose Kariangau," bebernya.

Dia menambahkan, terminal multypurpose ini ditargetkan akan melayani general cargo, ror-ro untuk alat-alat berat dan beberapa kebutuhan lainnya.

"Intinya, Terminal Kariangau Pelabuhan Balikpapan kedepan akan menjadi penopang perekonomian Kota Balikpapan dan sekitarnya, khususnya Kawasan Industri Kariangau," tukasnya. (Pelindo IV / Rhp) (Foto Ilustrasi : Bisnis.com)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini