Menko Kemaritiman Sebut Tol Laut Bukan Cuma Dongeng -->

Iklan Semua Halaman

Menko Kemaritiman Sebut Tol Laut Bukan Cuma Dongeng

Reporter eMaritim.Com
30 Mei 2016

Jakarta, eMaritim.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengklaim, bahwa proyek Tol Laut yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan hanya cerita dongeng belaka. . Bahkan adanya Tol Laut ini sudah memberikan beberapa dampak seperti penurunan harga kebutuhan pokok di Indonesia Timur.

Dia membeberkan, proyek Tol Laut telah ber‎jalan dalam beberapa bulan terakhir. Adapun trayek yang telah jalan adalah Jakarta (Tanjung Priok) ke Natuna (Anambas), Surabaya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Pulau Moa, Saumlaki, Dobo dan Merauke.

Kemudian trayek dari Makassar ke Manokwari, Wasior, Nabire, dan Biak, trayek Surabaya ke Namlea, Fak Fak, dan Timika, serta trayek Makassar ke Maluku Utara, Morotai, Ternate, Tahuna, Lirung, dan Tobelo.

"Esensinya kita membahas soal tol laut. Apa betul-betul sudah jalan atau masih dongeng doang. Kita sekarang ada trayek dalam rangka tol laut ini, supaya ada jembatan laut dalam barang dan penumpang ke lokasi pulau kecil yang selama ini tidak ada akses transportasi laut," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menurutnya, pemerintah telah mengeluarkan banyak uang untuk investasi dalam perbaikan kapal, ‎membangun kapal baru, dan mensubsidi proyek ini. "Karena beberapa dari daerah ini belum betul-betul ekonomis secara finansial. Jadi disubsidilah lokasi ini," imbuh dia.

Mantan Menko bidang Perekonomian ini menjabarkan, tiga trayek Tol Laut yang telah beroperasi ini memberikan dampak terhadap peningkatan muatan baik dari Pulau Jawa ataupun ke luar Pulau Jawa. Dengan adanya kapal reguler yang melintas di wilayah tersebut, biaya transportasi angkutan untuk komoditas dasar hingga harga barang kebutuhan pokok pun ikut turun.

Dia mencontohkan, harga beras di Indonesia Timur telah turun 22%, gula pasir turun 28%, minyak goreng curah turun 15%, tepung terigu turun 29%, daging ayam ras turun 28%, telur ayam ras turun 49%, triplek turun 17%, dan semen turun 22%. "Ini semua turun dibanding sebelum ada Tol Laut," pungkasnya.

Sebagai informasi pemahaman yang memunculkan gagasan tentang tol laut adalah untuk menegaskan kembali Indonesia sebagai bangsa maritim. Tol laut yang dimaksud adalah membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang hingga Merauke. (Sindonews.com / Rhp)