Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Bungkutoko di Sulawesi Tenggara -->

Iklan Semua Halaman

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Bungkutoko di Sulawesi Tenggara

Pulo Lasman Simanjuntak
02 Mei 2016
Jakarta ,eMaritim.Com,- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan Pelabuhan Bungkutoko di Sulawesi Tenggara, Senin, 2 Mei 2016. Pelabuhan yang menghabiskan dana APBN Rp 204,217 miliar ini dibangun sejak tahun 2009.

"Untuk operasinya belum mulai. Masih menunggu izin operasi," kata Hemi Pamurahardjo, juru bicara Kementerian Perhubungan, Ahad, 1 Mei 2016. Lokasi pelabuhan tersebut berada di mulut Teluk Kendari yang menjadi tempat pertemuan arus keluar-masuk air laut dari Teluk Kendari serta dari Laut Banda.

Pelabuhan Bungkutoko merupakan pelabuhan pengumpul terbesar yang memiliki kapasitas kapal kargo sebesar 6.000 DWT (Dead Weight Tonnage). Selain itu, pelabuhan ini dapat menampung kapal penumpang dengan ukuran 6.022 GT (Pelni) dengan kedalaman Faceline dermaga cukup luas.

Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko sendiri telah diputuskan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 1998 tentang Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu, Buton, Kolaka, dan Kendari.

Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko juga merupakan pengembangan dari Pelabuhan Kendari yang terkendala pengembangannya karena keterbatasan lahan pengembangan, pendangkalan perairan kolam, dan alur pelayaran yang sempit.

Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko juga mempertimbangkan tingkat pertumbuhan pelabuhan Laut Kendari yang cukup tinggi dengan ditandai Berth Occupancy Ratio (BOR) 79 persen; pertumbuhan kontainerisasi mencapai 7,79 persen per tahun; pertumbuhan arus barang 10,2 persen per tahun; dan pertumbuhan arus peti kemas 7 persen per tahun.(**/sumber berita dan foto /tempo.co)

Editor  : Pulo Lasman Simanjuntak