» » » Siang Ini Menko Maritim Bahas Perkembangan Tol Laut Bersama Sejumlah Menteri

Jakarta, eMaritim.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Rizal Ramli siang ini memanggil sejumlah menteri dan jajarannya guna membahas perkembangan Tol Laut yang menjadi salah satu andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini ada rapat yang dihadiri Mendag, Menkeu, Dirut Pelni, Dirjen Perindustrian, Dirjen Perhubungan, dan para Deputi kami," tutur Rizal Ramli di kantornya, Senin (30/5/2016).

Rizal mengatakan, rapat kali ini digelar untuk melihat sejauh mana proyek Tol Laut berjalan. Jangan sampai proyek yang digadang-gadang bisa menghubungkan wilayah Indonesia Timur dan Barat ini tidak berjalan.

"Esensinya kita membahas soal tol laut, apa betul-betul sudah jalan atau masih dongeng doang," tegas Rizal.

Seperti diketahui tol laut merupakan program nasional Presiden Jokowi, program tol laut dilatarbelakangi karena adanya disparitas harga yang cukup tinggi antara wilayah barat dan timur di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa mengakibatkan transportasi laut di Indonesia tidak efisien dan mahal karena tidak adanya muatan balik dari wilayah-wilayah yang pertumbuhan ekonominya rendah, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Pada prinsipnya tot laut merupakan penyelenggaraan angkutan laut secara tetap dan teratur yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan hub disertai feeder dan Sumatera hingga ke Papua dengan menggunakan kapal-kapal berukuran besar sehingga diperoleh manfaat ekonomisnya. (Okezone.com / Rhp)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini