Amanat Menhub: Terminal Penumpang Pelabuhan Sekupang Dipindah ke Pelabuhan Batu Ampar Hari Ini -->

Iklan Semua Halaman

Amanat Menhub: Terminal Penumpang Pelabuhan Sekupang Dipindah ke Pelabuhan Batu Ampar Hari Ini

Reporter eMaritim.Com
20 Juni 2016

Batam, eMaritim.com - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan memerintahkan jajarannya di Pelabuhan Sekupang, Batam, untuk memindahkan terminal penumpang Pelabuhan Sekupang ke Pelabuhan Batu Ampar.

Di tengah hujan yang cukup deras saat peninjauan, Menhub Jonan mendapati kondisi atap terminal penumpang yang bocor dan lantainya hanya terbuat dari coran semen. "Saya nilai kondisi terminalnya saat ini belum layak. Ini gudang. Saya minta terminal domestik Pelabuhan Sekupang agar Senin nanti (20/6) dipindah ke Pelabuhan Batu Ampar yang lebih layak," tegas Jonan. saat meninjau kesiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Sekupang, Batam pada Jum'at lalu (17/6).

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang di Batu Ampar karena pengalihan penumpang domestik dari Pelabuhan Sekupang, Menhub Jonan meminta pihak pelabuhan untuk menyiapkan tenda bagi penumpang.

Terkait dengan kesiapan kapal yang akan mengangkut penumpang di Batam dan sekitarnya, Menhub Jonan mengatakan saat ini sedang dilakukan ramp check terhadap 65 kapal. "Kapal sudah disiapkan dan sudah diperiksa untuk kelaikannya saat ini pada 65 kapal. Masih ada 15 kapal yang masih di luar. Ada beberapa yang kurang dari aspek keselamatannya dan sudah diminta untuk dilengkapi," jelas Jonan.

Pada hari yang sama, Menhub juga meninjau kesiapan angkutan lebaran di Bandara Hang Nadim. Menhub meminta otoritas Bandara Hang Nadim untuk menertibkan keberadaan vendor yang berada di dalam area ruang tunggu keberangkatan. "Saya minta ada penertiban untuk vendor yang berjualan di dalam area ruang tunggu penumpang. Harus dipindahkan sebagian atau semuanya saja," jelas Jonan.

Menhub Jonan menjelaskan setelah Lebaran nanti terminal Bandara Hang Nadim akan direnovasi agar lebih up to date. "BP Batam merencanakan merenovasi terminal Bandara Hang Nadim setelah Lebaran ini agar tetap up to date. Karena renovasi makan waktu, jadi tidak mungkin dilakukan saat ini," terang Jonan.

Kementerian Perhubungan pada penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini menargetkan zero accident untuk semua moda yang digunakan. Hal tersebut sesuai dengan fokus kerja Kemenhub yaitu meningkatkan keselamatan, keamanan, dan peningkatan kualitas pelayanan transportasi umum. (Sumber Dephub.go.id / Rhp)