» » » KSOP Balikpapan Rampungkan Ramp Check 30 Kapal

eMaritim.com, Balikpapan – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan telah selesai merampungkan ramp check terhadap 30 kapal baik milik PT. Pelni, PT. ASDP, PT. Dharma Lautan Nusantara dan perusahaan kapal lainnya.

Hasilnya semua kapal tersebut dinyatakan laik laut dan siap untuk mengangkut penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini. Demikian dilaporkan Kepala KSOP Balikpapan, Hendri Tondang kepada Menhub Ignasius Jonan saat meninjau kesiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Semayang, Balikpapan (17/6).

Jonan menegaskan, ramp check wajib dilakukan terhadap semua moda secara menyeluruh, supaya keselamatan semakin meningkat, dan angkutan lebaran tahun ini harus lebih baik. "Kata Presiden pelaksanaan mudik kan sudah 70 tahun selama Indonesia merdeka, seharusnya kesiapannya setiap tahunnya harus semakin baik," ujar Jonan.

Terkait dispensasi penambahan jumlah penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik, Jonan mengatakan pihaknya memperbolehkan penambahan jumlah penumpang tersebut sepanjang sesuai dengan kesiapan dan kelaikan kapal.

"Jumlah dispensasi tambahan penumpang tergantung kesiapan dan kelaikan kapal. Pada setiap kapal harus tersedia peralatan keselamatan tambahan yang laik berfungsi, misalnya pelampung," tegas Jonan.

Dalam peninjauannya ke Balikpapan kali ini, Jonan juga menyinggung perbaikan di Terminal Penumpang Pelabuhan Semayang. Setidaknya ada dua kemajuan yang dilihat Jonan, adanya fasilitas pendingin ruangan dan x-ray. "Dibanding tahun lalu ada perbaikan yang telah dilakukan yaitu pada ruang tunggu. Tahun lalu tidak ada air conditioner (AC) sekarang sudah ada. Sekarang juga sudah ada x-ray dan metal detektor, hanya pengaturannya perlu lebih diperbaiki dan petugasnya juga harus dilatih," kata Jonan menegaskan.

Jonan berharap operator pelabuhan terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya melengkapi terminal penumpang dengan garbarata. "Harapan saya terminal penumpang ini dibuatlah ada garbarata agar pada saat hujan penumpang tidak kehujanan," kata Jonan. (Sumber; Dephub.go.id / Rhp)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"