» » » Dua Kapal Besar Kontainer Tabrakan di Selat Singapura


Kapal MSC Alexandra

Singapura, eMaritim.com – Telah terjadi tabrakan yang melibatkan dua Kapal kontainer besar berbendera Panama, di Selat Singapura antara kapal Dream VLCC (Very Large Crude Carrier) II dan MSC Alexandra, pada Rabu malam (3/8/2016), pukul 23:55 waktu Singapura.

Kejadian tersebut baru diketahui Maritim Dan Otoritas Pelabuhan Singapura (MPA) setelah menjelang pagi hari dikarenakan adanya laporan terkait peristiwa tersebut. Peristiwa tersebut terjadi di Selat Singapura sekitar 3 kilometer (1,8 mil) tenggara dari Sebarok Island.

Menurut informasi yang dilansir dari laman youtube, pada rekaman video navigasi jalur peredaran  kedua kapal tersebut yang disiarkan oleh MPA, bahwa kapal Dream VLCC II telah bersinggungan dengan kapal MSC Alexandra. Kapal Dream VLCC II menabrak bagian belakang dari kapal MSC Alexandra, sehingga menimbulkan kerusakan pada bagian belakang kapal tersebut.

(Lihat Video Bukti Radar Navigasi Kejadian Ini : https://www.youtube.com/watch?v=hT6sWMBnt38&feature=youtu.be

Kondisi Belakang Kapal MSC Alexandra | Sumber Twitter Rob Perkins

Pihak kapal MSC Alexandra melaporkan bahwa 10 kontainer kosong jatuh ke laut saat kejadian, termasuk empat yang jatuh ke dek kapal Dream VLCC II.

Menurut informasi yang dilaporkan dari laman website MPA sendiri, tak ada minyak yang tumpah ke laut, dan korban luka ataupun meninggal dalam kejadian ini, namun kerusakan yang dialami kapal MSC Alexandra menimbulkan lubang dengan diameter yang besar, dan kedua kapal tak mengalamai kebocoran sehingga kapal masih stabil mengapung diatas laut.

Foto Close Up Kondisi Belakang Kapal MSC Alexandra | Sumber gCaptain.com


Belum diketahui percis sampai hari ini penyebab dari kejadian tersebut, namun pihak MPA masih melakukan penyelidikan dengan mengirimkan tim survei dan penyelamatan untuk memulihkan kontainer.

Kondisi Depan Kapal Dream VLCC II tersangkut muatan kontainer Kapal MSC Alexandra Akibat Tabrakan

Sperti diketahui kemampuan Kapal Dream VLCC II yang dibanun pada tahun 2008, mencapai 319.999 DWT dan dimiliki perusahaan kapal tanker nasional negara asal Iran.

Sementara kapal MSC Alexandra dimiliki oleh Swiss berbasis di Jenewa, Mediterania Shipping Company dan dibangun pada tahun 2010. Kapal ini memiliki kapasitas TEU dari 13.998 dan langkah-langkah hampir 396 meter panjangnya. Data AIS menunjukkan kapal baru saja berangkat Singapura untuk Chiwan, Cina. (Rhp) (Sumber Foto gCaptain.com - Twitter Rob Perkins @lloydscasualty)






eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini