Pelindo III Gandeng Lima BPD Dukung Transaksi Kepelabuhanan -->

Iklan Semua Halaman

Pelindo III Gandeng Lima BPD Dukung Transaksi Kepelabuhanan

23 Agustus 2016
Bali, eMaritim.com - Badan Usaha Milik Negara, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo III terus meningkatkan efisiensi layanan transaksi para pengguna jasa kepelabuhanan di daerah dengan menggandeng lima Bank Pembangunan Daerah (BPD). Kelima BPD tersebut yaitu BPD Jawa Tengah, BPD Kalimantan Selatan, BPD Kalimantan Tengah, BPD Bali, dan BPD Nusa Tenggara Timur. 

Kerja sama tersebut tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pelindo III dengan kelima BPD yang berlangsung Senin (22/8/2016) di Denpasar, Bali di tengah-tengah pelaksanaan rapat kerja perusahaan.

Komitmen sinergi Pelindo III dengan kelima BPD ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak; Direktur Utama Bank NTT, Daniel Tagu Dedo; Direktur Utama Bank Kalteng, Yosapatasi; Direktur Utama Bank Bali, I Made Sudja; Direktur Bisnis Bank Kalsel, Supian Noor; dan Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya bertempat di Hotel Bali Dynasty Resort.

Kerjasama Pelindo III dengan Bank Pembangunan Daerah tersebut di antaranya pembukaan rekening penerimaan dengan menggunakan mekanisme cash management, penempatan deposito, pemilihan Bank Pembangunan Daerah sebagai penerbit bank garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan kerja Pelindo III, dan pemasangan ATM khususnya di terminal penumpang di masing-masing pelabuhan cabang yang dikelola oleh Pelindo III.

Orias mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan wujud nyata Pelindo III untuk bersinergi dengan Bank Daerah guna memacu pembangunan daerah serta mendorong peningkatan perekonomian nasional. Menurutnya penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.  “Layanan ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa pelabuhan dalam proses transaksi keuangan, sehingga  dapat meningkatkan produktivitas di pelabuhan karena terkait dengan proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank NTT, Daniel Tagu Dedo menyatakan bahwa tujuan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak tersebut untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dan sebagai wadah dalam memanfaatkan sistem pelayanan jasa perbankan yang tersedia dengan fasilitasi perbankan yang dibutuhkan oleh Pelindo III. “Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III ,” ujarnya lagi.

Direktur Utama Bank Bali, I Made Sudja mengapresiasi langkah Pelindo III menggandeng BPD . Ini menunjukkan kepercayaan kepada kami. Ia juga  mengatakan bahwa Komitmen Pelindo III dengan Bank Daerah tersebut sangat bermanfaat dan mempunyai dampak multiplier kepada masyarakat di masing-masing daerah. “Tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis namun juga dapat meningkatkan pembangunan daerah di wilayah tersebut,” ungkapnya. Sehingga kedepannya diharapkan Bank Daerah bisa mendukung semua layanan dan bisa memberikan manfaat yang optimal. (Rhp) (Sumber Foto: PelindoIII)