Ini Prediksi Industri Pelayaran Nasional 2-3 Tahun Kedepan -->

Iklan Semua Halaman

Ini Prediksi Industri Pelayaran Nasional 2-3 Tahun Kedepan

29 September 2016


Jakarta, eMaritim.com  - Dalam dua tahun terakhir industri pelayaran nasional menghadapi tantangan yang sangat berat akibat krisis ekonomi global dan turunnya harga minyak dunia. Kondisi ini diprediksi akan terus berlanjut dalam dua hingga tiga tahun kedepan.

Presiden Direktur PT Humpuss Intermoda Transportasi, Tbk (HITS) Theo Lekatompessy memproyeksikan industri pelayaran nasional untuk beberapa tahun kedepan belum mampu menunjukkan kilaunya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah adanya pergeseran kultur dan teknologi, dimana pemilik barang menginginkan barangnya tiba di pasar dengan waktu yang singkat. Artinya, pemilik barang akan memilih menggunakan pesawat ketimbang menggunakan kapal laut untuk mendistribusikan produknya.

"Kedepannya, 2 – 3 tahun tidak terlalu berkilau, hanya sektor tertentu saja. Bisa saja kapal Ro-Ro yang berkilau karena melayani antar pulau," ujar Theo.

Faktor lainnya adalah, sambung Theo, peraturan-peraturan atau kebijakan pemerintah yang kurang mendukung industri pelayaran nasional. Misalnya, peraturan pemerintah melarang ekspor produk minerba mentah yang mempengaruhi pangsa muatan luar negeri menjadi turun. Aktivitas perdagangan nasional yang saat ini cenderung lebih banyak kepada kegiatan impor semakin menambah beban pelayaran nasional, terutama di angkutan kontainer.   
  
Menurut Theo, seharusnya dalam kondisi seperti ini pemerintah segera menerapkan beyond cabotage untuk meningkatkan pangsa muatan luar negeri pelayaran nasional sehingga devisa negara tidak lari ke luar negeri. "Kalau mau berkembang harus ada beyond cabotege. Kalau mau tahan napas seperti sekarang, ya pertahankan yang ada sekarang," ungkapnya. 

Selain beyond cabotage, kata Theo, pelayaran nasional juga perlu mendapat dukungan dari sektor perbankan nasional dengan memberikan bunga rendah untuk pembiayaan kapal. "Kondisi seperti ini yang terbagus adalah kalau mau beli kapal lebih baik kecil aman, daripada besar keropos. Jadi memang kalau mau merelakan industri (pelayaran) berkembang ya dengan beyond cabotage," pungkasnya. (Hp)