» » » Kotawaringiin Barat Masuk Rencana Pembangunan Tol Laut


Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng menetapkan Desa Sabuai Timur dan Desa Sabuai Barat sebagai lokasi rencana pembangunan tol laut. Foto: Sigit Dzakwan (Sumber: Sindonews.com)

KOTAWARINGIN BARAT, eMaritim.com  - Setelah melakukan pra studi kelayakan di tiga lokasi, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan Desa Sabuai Timur dan Desa Sabuai Barat sebagai lokasi rencana pembangunan pelabuhan laut dalam (tol laut).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kobar, Petrus Rinda mengungkapkan, pihaknya telah melakukan prastudi di Kubu Dalam, Tanjung Pandan dan Desa Sabui Barat-Timur.

"Sesuai dengan skor saat pra studi, Desa Sabuai yang paling layak dibangun pelabuhan laut dalam (pelabuhan samudera)," ujarnya di di Desa Sabuai Barat, lokasi studi, Rabu (21/9/2016).

Pembangunan pelabuhan laut dalam merupakan salah satu diantara pembangunan mega proyek yang akan dilaksanakan di Kobar. Pelabuhan laut dalam merupakan program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan lalu lintas di jalur laut.

Pembangunan pelabuhan laut dalam di Desa Sabuai Barat-Timur sendiri digadang-gadang membutuhkan dana sebesar Rp1,2 triliun. Angka itu sesuai dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional.

Di antaranya Sabuai di Kobar, Ujung Pandaran di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Pulau Damar di Kabupaten Katingan, dan Tanjung Perawan di Kabupaten Pulang Pisau. "Di Desa Sabuai Timur-Barat kami sediakan lahan seluas 1.000 hektare," ucap Petrus.

Sementara, terkait pinjam pakai kawasan, pihaknya juga sudah melayangkan permohonan ke Kemeterian Kehutanan dan Kemeterian Lingkungan Hidup. "Semua sudah jalan, setelah selasai studi kelayakan dan keluar dokumen pinjam pakai kawasan, selanjutnya akan dibuat AMDAL-nya," tandasnya. (Rhp)
(Sumber : Sindonews.com)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"