» » » Empat Hari Kandas, Hari Ini KM Lambelu Bisa Berlayar Kembali



Tarakan, eMaritim.com – Kapal penumpang Lambelu yang kandas 22 Oktober 2016 lalu kini telah bebas kandas, empat hari lamanya kapal tersebut kandas, PT Pelayaran Nasional  Indonesia (Pelni)  bersama otoritas Pelabuhan Tarakan berhasil membebaskan KM. Lambelu yang kandas di Perairan Tarakan Rabu (26/10/2016) pukul 15.15 waktu setempat.

Setelah dilakukan penyelaman dan tidak ada kerusakan Senior Manager Operasi Kantor Pusat PT. Pelni Jakarta yang memimpin pembebasan kandas berhasil melakukan olah gerak setelah sebelumnya memastikan semua mesin berfungsi baik, kapal dapat bergerak sendiri terbebas dari Kandas. Tanpa didorong dengan tugbout kapal bisa bebas.

Setelah terbebas dari Kandas kapal masuk alur dan bersandar di Pelabuhan Tarakan. "Alhamdulillah kapal bisa bebas dari Kandas. Tidak harus menunggu tanggal 29 Oktober 2016 seperti rencana sebelumnya," kata Capten Musisi via Telpon.

Saat ini KM. Lambelu sedang dilakukan pemeriksaan menyeluruh, pengisian air tawar dan menambah perbekalan untuk berlayar. KM. Lambelu berhomebase di Makassar, kapal akan menuju ke sana dan akan menjalani rute biasa yang telah ditetapkan.

Sebemlumnya Pelni telah melayani penumpang KM Lambelu yang kandas di perairan Tarakan dengan sebaik-baiknya. Selasa (25/10) sebanyak 135 penumpang yang memilih melanjutkan perjalanan telah diberangkatkan dari Tarakan dengan KM. Bukit Siguntang.

Seperti diberitakan sebelumnya KM Lambelu bertolak dari Pelabuhan Tarakan dengan membawa 649 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 199 penumpang tujuan Nunukan telah dievakuasi dengan LCT. Bison 1 dan kemudian diangkut dengan Kapal Ferry KMP. Manta menuju Nunukan dan telah sudah tiba di Nunukan pukul 05.30 kemarin. 

Dilaporkan pula bahwa terdapat 70 penumpang yang membatalkan keberangkatan dan telah kembali ke Tarakan dengan menggunakan kapal navigasi, KN. Sarang Aloe.

Senin (24/10) kemarin Pelni mengevakuasi yang masih  berada di KM. Lambelu dan sebanyak 138 peumpang telah diantarbdengan 6 speed boat untuk diantar ke Nunukan. 

Sedangkan 242 penumpang menuju Balikpapan, Pare-Pare, Maumere dan Larantuka siang tadi telah dialihkan ke KM. Bukit Siguntang. Dengan demikian seluruh penumpang kapal Lambelu telah tertangani dengan baik. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kandasnya kapal tersebut, semua penumpang yang berjumlah 649 dalam kondisi selamat dan aman, di atas kapal mereka terjamin makan, ibadah dan haji lainya.

Tidak ada korban dalam peristiwa kandasnya kapal ini dan semua penumpang kapal kandas tersebut telah diselamatkan. Pelni sangat memperhatikan keselanatan dan pelayanan bagi para penumpang dengan kandasnya kapal tersebut dengan memberikan konsumsi dan akomodasi yang cukup.

Kronologi Kejadian

Menurut laporan, KM. Lambelu menghindari tubrukan dengan TB (tug boat) yang menarik TK (tongkang) dengan mengambil haluan ke kiri yang harusnya ke kanan, sementara di kanan ada kapal MV. SEA OVAL yang sedang berlabuh, kembali lagi haluan ke kiri terhalang dengan TB akhirnya pada pukul 02:53 kandas pada posisi yang belum diketahui apakah pasir atau karang.

PT. Pelni memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa KM. Lambelu atas kejadian ini. Pelni juga mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah dan kerjasama seluruh otoritas pelabuhan.
(Hdi)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini