» » » Pariwisata ke Karimun Jawa Semakin Mudah dengan KMP Siginjai Milik PT ASDP




Jepara, eMaritim.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan penyeberangan, khususnya di lintasan yang mendukung pariwisata Indonesia seperti Jepara - Karimunjawa, yang tengah diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

PLT Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, layanan penyeberangan yang dikelola ASDP Cabang Jepara sangat penting dalam mendukung akses transportasi dari dan ke Karimunjawa dengan tarif terjangkau. Tidak hanya sebagai akses transportasi, tetapi KMP Siginjai yang melayani rute Jepara-Karimunjawa juga memiliki peran vital terhadap pembangunan daerah di Karimunjawa karena satu-satunya moda transportasi yang diandalkan sebagai angkutan penumpang dan logistik di wilayah tersebut. Adapun material yang biasa menjadi muatan KMP Siginjai ialah sayur-mayur, sembako, hingga material bangunan.

"Tidak hanya mengangkut penumpang dengan kapasitas hingga 260 orang, tetapi KMP Siginjai yang melayani Jepara-Karimunjawa juga dapat mengangkut sekitar 19 unit kendaraan. Tentu layanan ASDP di lintasan ini dapat menjadi pilihan utama, karena selain tarif terjangkau (subsidi), fisik kapal yang besar relatif lebih aman dan nyaman saat  kapal terhempas ombak besar," ujarnya, Minggu (20/11).

Perekonomian di wilayah Karimunjawa pun juga bergantung kepada KMP Siginjai, karena jika seminggu saja tidak beroperasi, masyarakat bisa menjerit karena terjadi kenaikan harga barang yang menjulang tinggi.

Siapkan Kursi Pantai

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Jepara Yudhi Yanuar mengatakan, 

KMP Siginjai menjadi moda transportasi yang digemari oleh wisawatan yang ingin menyeberang ke Karimunjawa, terutama wisawatan luar negeri. “Walau ada kapal cepat, KMP Siinjai masih digemari oleh wisatawan. Selain tarif tiket yang murah, sepertiga dari kapal cepat, jadwal KMP Siginjai lebih pasti dan lebih nyaman. Waktu pelayaran sekitar 5-6 jam, jika cuaca bagus bisa lebih cepat," ujar Yudhi.

Saat ini, tingkat keterisian penumpang di KMP Siginjai sekitar 45 persen. Selain ASDP, juga ada alternatif transportasi yang disediakan operator kapal cepat dari Kendal maupun PT Pelni dari Semarang, menuju Karimunjawa.

"Namun, kami terus berinovasi meningkatkan "benefit" pelayanan yang dapat dinikmati pengguna jasa. Seperti saat ini, kami menyediakan kursi pantai agar penumpang dapat relaksasi, menikmati atmosfer kenyamanan di atas kapal sepanjang perjalanan dari dan ke Karimunjawa. Tidak muluk-muluk, kami berharap libur Natal dan Tahun Baru mendatang bisa capai load factor 100 persen," tuturnya.

Yudhi optimistis, jumlah trafik pengguna jasa penyeberangan khususnya wisatawan asing yang akan ke Karimunjawa, akan meningkat pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang.  "Kondisi tanggal merah dan libur sekolah bulan Desember besok yang jatuh pada akhir pekan yang cukup panjang (long weekend) cukup berpengaruh mendongkrak trafik. Kalau turis lokal kan short stay, berbeda dengan turis asing yang rata-rata memilih long stay di Karimunjawa," katanya menjelaskan.

Adapun harga tiket penumpang dewasa KMP Siginjai sebesar Rp 59.000, dan anak-anak Rp 35.000, masih jauh lebih terjangkau dibandingkan kapal cepat sebesar Rp 175.000. "Untuk musim libur Natal dan Tahun Baru besok, kami masih berpatokan pada jadwal reguler, dengan jadwal pelayanan hari Jumat, pkl. 06.30, sedangkan Sabtu, Senin, dan Rabu, pkl. 07.00 dari Jepara. Namun jika hasil koordinasi dengan Dishubkominfo Jepara terjadi kenaikan trafik dan meminta tambahan, kami siap tambah trip KMP Siginjai," katanya.

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini