» » » Pembentukan Paguyuban Professional Maritime Indonesia (P2MI) ,di Persatuan Emirat Arab (PEA)

Jakarta, eMaritim.com,- Tanggal 2 November 2016 adalah tanggal bersejarah bagi Professional Maritime Indonesia di Persatuan Emirat Arab (PEA) ini, karena pada tanggal inilah dibentuk dengan resmi Paguyuban yang pertama dan satu satunya yang menaungi para professional maritime yang bekerja di PEA. Paguyuban ini dibentuk sebagai jembatan dan mitra handal KBRI di PEA dengan profesional maritimnya, terutama para pelaut Indonesia yang bekerja di PEA ini. 


Adapun sususan pengurus P2MI sebagai berikut, Ketua P2MI: Capt. Darwanto Simatupang, Wakil Ketua 1: Capt. Yudiono Ishak, Wakil Ketua 2: Mr. Ifan Nofial, Sekretaris: Capt. Yusnan bin Yusuf dan Bendahara: Mrs. Ayunda Yunita Yusuf.
                         
Dengan jumlah perwira pelayaran niaga, rating dan professional maritim lainnnya yang bekerja di PEA diperkirakan lebih dari 500 orang, Paguyuban Professional Maritime Indonesia (P2MI) ini adalah satu satunya paguyuban professional  untuk profesi maritime di PEA yang tersebar di tujuh statenya yaitu: Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Fujairah, Umm al-Qaiwain dan Ras Al Khaimah.


Anggota P2MI bekerja di luar negeri dengan berbagai latar belakang etnik, agama, serta beragam tingkat ekonomi dan pendidikan. Dengan demikian P2MI ini memiliki beragam ide, potensi, dan keahlian terutama dibidang maritim, walaupun demikian P2MI tetap satu dengan keberagamannya itu, kerukunan dan toleransi antar anggota dijunjung tinggi sesuai dengan motto NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.

Di Persatuan Emirat Arab ini terdapat banyak sekali perusahaan internasional yang memiliki ketertarikan dan ingin terkoneksi dengan Indonesia. Sehingga para angota P2MI yang bekerja di perusahaan perusahaan PEA ini bisa turut memaksimalkan potensi dan peluang yang ada untuk kemajuan bangsa dengan menunjukan profesionalitas dan etos kerja yang baik. sehingga semakin banyak peluang pekerjaan terbuka untuk maritime professional Indonesia di PEA, selain itu anggotanya juga bisa mempromosikan Worderful Indonesia terutama wisata baharinya kepada PEA.


Besarnya potensi P2MI dalam kemajuan bangsa dan dunia khususnya di sektor maritim, juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan awareness anggotanya  inilah yang mendorong pembentukan P2MI.
 P2MI memiliki program melingkupi: isu seputar tenaga kerja luar negri khusus untuk dunia maritim, promosi wisata bahari, pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia bidang maritim, pengelolaan dan kerjasama dengan KBRI PEA di Abu Dhabi, KJRI di Dubai dan stakeholders lainnya di PEA, serta memperluas knowledge sharing dan lesson learned antar anggotanya. 


Adapun visi, misi dan objective P2MI sebagai berikut.
VISI:
Menjadi wadah rujukan untuk memperjuangkan dan memfasilitasi kepentingan dan kesejahteraan profesional maritim Indonesia di Persatuan Emirat Arab serta menjadi mitra handal bagi Perwakilan Republik Indonesia (KBRI) di Persatuan Emirat Arab dalam upaya perlindungan warga negara Indonesia.

MISI:
Memberikan pelayanan informasi, lowongan pekerjaan dan training untuk dunia maritime, pengembangan kapasitas, dan advokasi dalam memperjuangkan kepentingan dan kesejahteran anggota Paguyuban secara inklusif, transparan, adil, dan akuntabel.

OBJECTIVE:
1
      Menyediakan sarana komunikasi dan kolaborasi bagi anggota Paguyuban dan insan profesional maritim Indonesia di Persatuan Emirat Arab.

  1. Meningkatkan profesionalitas dan citra professional  maritim di Persatuan Emirat Arab sehingga menjadi trend setter dibidangnya
  1. Memfasilitasi komunikasi anggota Paguyuban dan Profesional Maritim Indonesia dengan Perwakilan Republik Indonesia (KBRI) di Persatuan Emirat Arab.
  2. Mengelola sumber daya Paguyuban secara professional dan akuntabel.
Semoga dengan adanya wadah untuk berdiskusi, berkarya dan menyampaikan pendapat ini, P2MI bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik kepada anggotanya dan juga dunia maritim Indonesia  pada umumnya.

Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi! Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!. Maju terus dan pantang mundur hai insan professional maritim Indonesia dimanapun kalian berada!  (D Simatupang)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini