» » » Libur Pilkada, Dirjen Hubla Jamin Pelayanan Publik Sektor Transportasi Laut Tetap Normal


Jakarta, eMaritim.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM memastikan pelayanan publik di sektor transportasi laut khususnya di bidang kepelabuhanan pada hari libur Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), Rabu (15/2) tetap normal dan berjalan seperti biasa.

Tonny menjamin tidak ada penghentian layanan publik meskipun para petugas melaksanakan hak pilihnya di wilayah masing-masing setelah sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2017 yang menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional.

Dirjen Tonny menyebutkan bahwa ia mendorong jajarannya untuk menggunakan hak suara dalam memilih pimpinan daerahnya sebagai bentuk dukungan perwujudan demokrasi di Indonesia.

Namun demikian, ia juga mengingatkan jajarannya agar pelayanan publik di sektor transportasi laut tetap harus berjalan. Hal tersebut, tentunya sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) No. B/9/M.KT.02/2017 tanggal 10 Februari 2017 yang menyebutkan bahwa setiap pimpinan unit atau satuan kerja agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur Pilkada 2017 sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut, saya akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujar Tonny.

Dirjen Tonny juga menjelaskan bahwa pelayanan publik di 4 (empat) Pelabuhan Utama yaitu Belawan Medan, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Makassar tetap berjalan. Begitu juga dengan pelabuhan lainnya.

Tonny juga mengingatkan agar para jajarannya dan petugas di lapangan harus dapat menjadi teladan dalam menjaga dan mempertahankan suasana kondusif dengan memberikan pelayanan publik sebagaimana mestinya.

"Saya himbau pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan selanjutnya saya meminta agar para pegawai yang bekerja di posisi pelayanan publik khususnya di Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat kembali bekerja setelah menuntaskan hak pilihnya," kata Tonny.

Melalui himbauan Dirjen Tonny tersebut, diharapkan masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan publik. Dari sisi keselamatan pelayaran, Dirjen Tonny juga menyebutkan bahwa pelayanan atas pelaksanaan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan.

“Selain pelayanan publik di bidang kepelabuhanan yang tetap normal, pada hari libur Pilkada 2017 pelayanan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan normal khususnya di pelayanan Vessel Traffic Services (VTS),” ujar Tonny.

Lebih lanjut, Tonny juga menegaskan bahwa patroli rutin oleh Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) juga berjalan normal sebagaimana mestinya. “Kalau yang namanya patroli rutin tentu saja tidak kenal hari Libur karena tugas kami memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia harus terus dilakukan tanpa terkecuali meskipun ada hari libur Pilkada, “ lanjut Tonny.

Adapun sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga mengingatkan agar libur Pilkada tanggal 15 Februari 2017 nanti tidak mengurangi kualitas pemberian pelayanan publik untuk sektor transportasi.

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini