Penandatangan MoU BMKG dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang -->

Iklan Semua Halaman

Penandatangan MoU BMKG dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang

20 Februari 2017

Sumber foto : Istimewa

Pinrang, eMaritim.com - Bertempat di halaman depan kantor Bupati Pinrang, kemarin (19/2/2017) Kepala Bmkg, dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dan bupati pinrang, Aslan Patonangi, siang tadi menandatangani MoU tentang "Pemanfaatan Data dan informasi Meteorologi Maritim Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pinrang".

Ruang lingkup Mou ini, meliputi:
1. pemanfaatan data informasi meteorologi maritim untuk mndukung pembangunan kabupten pinrang
2. Pengelolaan sekolah lapang iklim untuk nelayan
3. Pemberian pemahaman dasar berupa pelatihan di bidang meteorologi maritim
4. Pemanfaatan sarana dan prasarana
5. Kegiatan lain yag masih dalam lingkup kesepakatan bersama.

Penandatanganan MoU bertepatan dengan hari ulang tahun kab. Pinrang yg ke 57 dan Gubernur serta Wakil Gubernur  Sulawesi Selatan menyaksikan langsung penandatangan MoU tersebut.

Informasi cuaca dan iklim dari BMKG sangatlah penting sebagai referensi bagi para Nelayan dalam peningkatan hasil panen ikan dan udang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pinrang kata Aslan.

Informasi cuaca dan iklim juga dijadikan andalan dalam menunjang sektor sektor unggulan dan untuk pelaksanaan mitigasi bencana di kab. Pinrang.

Aslan juga mungucapkan terima kasih kepada BMKG yang Sejak tahun 2016, telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanan kegiatan Sekolah Lapang Phronima Suppa kepada para nelayan sehingga Hasilnya meningkatnya produksi udang windu organik di Pinrang hingga sekitar 350% hingga membuat kab. Pinrang berhasil melakukan ekspor udang ke manca negara salah satunya ke jepang.

Selain penandatangan MoU, juga ditandatangani Perjanjian Kerjasama tentang "pemanfaatan data dan informasi meteorologi maritim untuk mendukung peningkatan produksi perikanan di kab. Pinrang" yang ditandatangani oleh Kepala Balai MKG Wilayah 4 Makassar, A.Fachri Radjab SSi.MSi dengan Kepala Dinas Perikanan Kab. Pinrang, Ir. Budaya.

Dengan ditandatangani MoU tersebut harapan Aslan kemitraan dengan BMKG khususnya di Kab. Pinrang dapat lebih ditingkatkan untuk mendukung sektor sektor unggulan antara lain perikanan dan pertanian.