» » » Sedang Engker Diperairan Merak, Mesin KMP Caitlyn Mendadak Terbakar




Sumber Foto : Istimewa | Ilustrasi KMP Caitlyn

Kapal Caitlyn Terbakar | Sumber Istimewa
Banten, eMaritim.com – KMP Caitlyn  yang melayani rute penyeberangan Merak-Bakaheuni tiba-tiba mengeluarkan api dan asap tebal di bagian mesin, hal ini terjadi saat kapal tengah engker di perairan Merak. Kota Cilegon, Banten, Selasa (21/02/2017).

Menurut Kepala OPP Merak, Harno mengungkapkan, KMP Caitlyn terbakar sekitar pukul 22.40 WIB. Dan si jago merah baru dapat dipadamkan pkul 23:10 WIB. " terus Petugas Basarnas dan KSOP serta instansi terkait melakukan evakuasi," kata Harno kepada wartawan, Selasa (21/2) malam.

Tidak ada penumpang yang menjadi korban. Sebab, saat kejadian, KMP Caitlyn tidak melakukan operasi penyebrang Merak- Bakauheuni. Kapal tersebut tengah engker di sekitar perairan Merak.

Kepala SAR PT ASDP Indonesia Ferry Merak Radmiadi membenarkan peristiwa tersebut. "Ya benar ada kapal terbakar di sekitar perarain Merak," singkat Radmiadi.

Kabag Bin Opsnal Polair Polda Banten AKBP Noman Trisapto mengatakan, sebanyak 33 ABK yang ada di dalam KMP Caitlyn dinyatakan selamat.

"Jumlah ABK semuanya ada 33 orang. Terus yang berhasil dievakuasi 20 orang dan sisanya 13 orang masih berada di dalam kapal untuk membantu proses pemadaman," ujarnya.

Noman mengatakan dugaan sementara kapal terbakar akibat terjadinya korsleting listrik. "Korsleting listrik di bagian kantin di lambung kanan kapal kelas ekonomi," ucapnya.

Seperti diketahui sampai saat ini kejadian kejadian kapal yang terbakar di dua bulan terakhir dari Januari hingga saat ini insiden kapal terbakar akibat mesin kapal terbakar sudah mencapai 4 peristiwa adapun rinciannya sebagai berikut:

Pertama, diawal penghujung tahun 2017 ini, masih ingat di benak pikiran kita tentang kasus terbakarnya KM Zahro di teluk Jakarta dan meninggalkan sedikitnya 23 korban jiwa akibat si jago merah yang melahap hangus kapal tersebut.

Kedua, mesin kapal nelayan di Muara Inkai, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, Kamis malam (12/1/2017) terbakar dan meledak. Tidak ada korban jiwa dalam kasus ini, namun 5 Nelayan yang menggunakan kapal tersebut mengalami luka bakar disekujur tubuhnya.

Ketiga, memasuki penghujung Januari 2017 Sebuah kapal cepat (speedboat) Temadore tujuan Ternate-Sofifi ibu kota Provinsi Maluku Utara yang membawa empat penumpang, terbakar di sekitar Pantai Ternate, Minggu (29/1), Kejadian tersebut bermula karena gangguan mesin disertai percikan api yang menimbulkan si jago merah muncul dari tidurnya.

Keempat, saat ini di penghujung Februari tepatnya Minggu (21/02/2017) Kapal Motor Penumpang (KMP) Caitlyn yang melayani penyeberangan Merak - Bakauheuni terbakar di perairan Merak, Kota Cilegon, Banten. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dikarenakan kapal yang tidak sedang beroperasi atau engker diperairan.



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini