» » » STIP Menambah Pelajaran Agama dan Budaya Dalam Meningkatkan Kualitas Taruna

Jakarta 2 Maret 2017, eMaritim.com

Sebuah perubahan dilakukan oleh STIP dalam rangka menjawab keinginan Kementerian Perhubungan dan masyarakat umum untuk lebih meningkatkan kualitas dan merubah kesan keras dari Sekolah Pelayaran tersebut.

Salah satu yang menjadi penekanan untuk mencapai hal tersebut dilakukan oleh Capt. Jaja Suparman MM selaku Pembantu Ketua 3 dari Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Berbekal keberhasilannya bersama Captain Marihot Simanjuntak MM ( Plt STIP sekarang) dalam mengangkat standard Politeknik Pelayaran Surabaya saat pasangan pengajar ini dulu sama sama mengabdikan diri di Surabaya.

Hal yang sangat baik tersebut adalah memasukkan Pelajaran Agama lebih dalam lagi dari sekedar apa yang taruna STIP dapatkan sekarang ini. Capt. Jaja mengatakan; "Jika seseorang kuat dasar agamanya, kemungkinan dia berbuat hal hal yang tidak baik akan sangat kecil. Karena masing masing agama melarang umatnya untuk berbuat kekerasan, menganiaya orang lain, apalagi sampai mencederai atau membunuh orang lain. Pengertian akan apa yang dilarang dan dibolehkan dalam ajaran agama sangat membantu membentuk karakter seseorang untuk menjadi lebih baik".

Satu hal lain yang dilakukan adalah menghormati Kearifan Lokal. Dalam acara Dies Natalis STIP baru baru ini, Capt Jaja sengaja menampilkan kesenian budaya Betawi yaitu Topeng Betawi pimpinan H.Mastur (Adik Mandra). Kesenian tersebut juga sekaligus sebagai bagian dari komitmen Capt. Jaja dan STIP dalam mengangkat budaya lokal dalam setiap event yang diadakan nya.

Secara mendalam Capt. Jaja mengatakan kepada eMaritim.com mengenai makna penting nya membangun Jiwa para Taruna bimbingan nya: "Para Pendahulu bangsa ini sudah secara jelas mengajarkan kepada kita semua mengenai penting membangun jiwa anak bangsa, ini tersirat jelas dalam lagu kebangsaan kita sendiri yang ada dalam bait bait BANGUNLAH JIWANYA, BANGUNLAH BADAN NYA UNTUK INDONESIA RAYA".

Lebih jauh Pembantu Ketua 3 Bidang Ketarunaan STIP itu mengatakan: "Selanjutnya kami akan memasukkan program yang pernah saya dan Capt Marihot jalankan di Surabaya yaitu Cadet Character Class, yang akan mengajarkan nilai nilai kstaria dan menjunjung martabat Perwira Pelayaran Niaga kepada semua siswa. Harapannya adalah agar para Taruna bisa benar2 menjadi Perwira Pelayaran Niaga terbaik".(zah)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini