» » » Kapal Kontainer Raksasa Asal Prancis Hiasi Pelabuhan Tanjung Priok



 
Ilustrasi Kapal Besar Sandar Di Terminal Tanjung Priok
Jakarta, eMaritim.com – Setelah kedatangan pertama kapal Kontainer Raksasa asal Prancis 9 April lalu ke Indonesia dengan ukuran 8.500 TEUs, kini Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, bakal rutin disandari kapal kargo raksasa setiap minggunya. Selang sepekan kemudian datang lagi kapal kargo raksasa dengan ukuran 8.700 TEUs.


Direktur PT Pelindo II (Persero), Dani Rusli, mengungkapkan setidaknya saat ini sudah ada satu perusahaan pelayaran yang armada kapal raksasanya bersandar sepekan sekali ke Priok. Kapal raksasa ketiga yang akan buang sauh di Priok pada 23 April nanti bahkan berukuran lebih besar dari 2 kapal sebelumnya.


"Yang ketiga ini ukurannya kurang lebih 10.000 TEUs. Lebih besar dari kapal sebelumnya," ungkap Dani Selasa (18/4/2017).


Dani berujar, kapal raksasa ketiga itu masih dimiliki perusahaan yang sama yakni Compagnie Maritime d'Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) asal Prancis.


"Jadi masih perusahaan yang sama, CMA-CGM itu ibaratnya seperti nama perusahaan otobusnya, nah busnya ini ada banyak, nama kapalnya banyak, tapi perusahaannya sama, datang ke Priok seminggu sekali," jelas Dani.


Bahkan, lanjutnya, jumlah kapal raksasa yang bersandar ini bisa bertambah lagi dalam setiap pekannya, jika ada lagi perusahaan pelayaran pemilik kapal raksasa yang tertarik membuka rute baru dari Tanjung Priok.



Seperti diketahui, CMA-CGM telah sepakat menjalin kerjasama dengan Pelindo II dengan membuka layanan baru, yakni dengan nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services.


Service ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat. Layanan perdana JAX Services dilakukan pada 9 April 2017 dengan kapal CMA-CGM Titus.


Dilainhal Presiden Joko Widodo juga akan menyambut langsung kedatangan kapal sesi ketiga nanti di Pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki ukuran 10.000 TEUs pada tanggal 23 April 2017 nanti. (*)





Sumber : Detik.com

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini