» » » Kapal Pembangkit Listrik Sewaan PLN Beroperasi di Bulan Juni



 
Istimewa
Medan, eMaritim.com  – Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) sewaan PT PLN (Persero), telah tiba di Pelabuhan Belawan, Medan pada Minggu, 21 Mei 2017.
Kapal pembangkit listrik tersebut berasal dari Turki dan akan di gunakan selama 5 tahun. Kapal ini mulai beroperasi bulan depan atau Juni

“Saat ini kapal sedang proses pemasangan arus. Diharapkan kapal sudah mulai bisa beroperasi mulai pekan pertama Juni 2017 nanti,” ujar Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Pembangkit Sumatera Bagian Utara, Binharun Nababan, Senin, 21 Mei 2017.

Binharun menjelaskan, kedatangan Kapal MVPP merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan program pemerintah mengalirkan listrik ke seluruh wilayah Indonesia. Kapal MVPP ini mampu mengalirkan daya sebesar 240 megawatt.


Masuknya tambahan daya 240 MW dari Kapal MVPP ini membuat sistem kelistrikan di Sumbangut bertambah hingga 2.287 MW dengan perkiraan beban puncak tertinggi mencapai 2.075 MW. Ini berarti sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW.

Kapal MVPP ini juga memiliki kemampuan dual fuel, yang dapat menggunakan bahan bahar minyak jenis Heavy Fuel Oil dan juga bahan bakar gas. Kapal yang didatangkan dari Istanbul ini diklaim lebih hemat konsumsi bahan bakar, tingkat produksi limbah yang rendah dan kebisingan yang relatif lebih kecil.


Binharun berharap kedatangan Kapal MVPP dapat mengatasi permasalahan pasokan listrik di Sumatera Utara dan sekitarnya. “Mudah-mudahan pemadaman listrik yang sering terjadi dapat berakhir, apalagi sekarang menjelang Ramadan. Terkecuali ada gangguan yang diluar prediksi sebelumnya,” kata Binharun. (*)




Sumber: Tempo.co

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini