Kementerian Perhubungan Lantik Auditor ISM Code BKI -->

Iklan Semua Halaman

Kementerian Perhubungan Lantik Auditor ISM Code BKI

31 Mei 2017
Jakarta, eMaritim.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan pelayaran nasional, Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan yang diwakili oleh Direktur Perkapalan & Kepelautan , Capt. Rudiyana melantik sejumlah Surveyor dan Inspektor PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk menjadi Auditor International Safety Management Code atau lebih dikenal dengan ISM Code. Pelantikan tersebut dilakukan pada 16 Mei dan 24 Mei 2017 di Hotel Alila Jakarta Pusat.

Pelantikan Auditor ISM Code merupakan langkah awal BKI untuk menjadi lebih baik dalam mengemban tugas yang diberikan Pemerintah RI cq. Kementerian Perhubungan sebagai RO/Recognized Organization. Hal itu terkait dengan Otorisasi survey statutory untuk 14 unit kapal berbendera Indonesia  yang sebelumnya didelegasikan kepada BKI.

Pelantikan Auditor ISM Code bukan semata-mata terjadi begitu saja, akan tetapi telah melewati  proses yang matang sehingga layak untuk menjadi auditor ISM Code. Sebagaimana bagian dari wewenang Divisi Asesmen dan Diklat BKI, Calon Auditor ISM Code tersebut telah diuji sebelumnya. Auditor yang lulus uji kompetensi,maka telah dinyatakan layak untuk melakukan audit ISM Code.

Pembekalan dan Pelantikan Auditors ISM Code tersebut dilakukan dalam dua batch. Pertama, pembekalan yang dilakukan pada tanggal 15 Mei 2017 sedangkan pelantikan dilakukan pada 16 Mei 2017. Kedua, pembekalan yang dilakukan pada tanggal 23 Mei 2017 dan pelantikan pada 24 Mei 2017. Uji kompetensi untuk peserta Batch I dan II dilakukan oleh Divisi Asesmen dan Diklat BKI bekerjasama dengan Ditkapel Hubla. (*)