» » » KM Surya Mentari II Tenggelam di Perairan Lingga


Ilustrasi

Pangkal Pinang, eMaritim.com - Kecelakaan laut kembali terjadi, kali ini Kapal KM Surya Mentari II dilaporkan tenggelam di perairan Lingga saat menuju Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Kapal tersebut membawa 25 ribu minuman kaleng, dan 2 kru belum ditemukan.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Abdul Hamid mengatakan, akibat kecelakaan laut tersebut, dua dari delapan anak buah kapal termasuk nahkoda kapal, belum ditemukan hingga hari ini.

"Ada delapan orang anak buah kapal termasuk nahkoda. Ada enam orang sudah ditemukan dalam keadaan selamat. Sedangkan dua orang masih belum ditemukan," ungkap Hamid seperti dikutip Tribun Batam, Senin (29/5) malam.

Hamid menjelaskan, kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Tanjungbalai Karimun pada Rabu (24/5/2017) lalu menuju Pangkalpinang.

Kapal naas ini diperkirakan tengah berlayar di sekitar perairan kepulauan Lingga pada Kamis (25/5/2017).

KM Surya Mentari sudah harus sampai di Pangkal Pinang pada Sabtu (27/5/2017), namun ternyata belum juga melego jangkar di pelabuhan tujuan.

"Karena itu, proses pencarian mulai dilakukan. Kami sudah mengirimkan kapal dan sejumlah anggota untuk ikut mencari para korban," kata Hamid.

Tim Basarnas agak kesulitan mencari para korban yang belum ditemukan.

Sebab, titik lokasi kecelakaan laut tersebut belum diketahui secara jelas oleh tim pencari dan penyelamat ini.

"Anggota kami terus mencari. Namun, hari ini pencarian dihentikan dulu karena hari sudah mulai gelap. Proses pencarian akan dilanjutkan lagi pada keesokan harinya," tambah kepala Basarnas Tanjungpinang.

Belum ditemukannya kapal kayu KM Surya Mentari II sampai hari ini

Operasi pencarian yang digelar Badan SAR Tanjungpinang, hingga Senin (29/5/2017), belum membuahkan hasil.

"Kami menerima laporan hilang pada Minggu (28/5/2017) malam. Operasi telah dilakukan," kata Kornelis, kepala Bidang Operasional Badan SAR Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/5/2017).

Kapal kayu KM Surya Mentari II bertolak dari Tanjungbalai Karimun, Rabu (24/5/2017) dengan tujuan Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Kapal dengan nama pemilik Ahau ini membawa delapan awak kapal yang enam orang telah ditemukan dalam kondisi selamat. Sisa dua lainnya masih dicari.

Pihak Basarnas berkoordinasi dengan polisi perairan untuk memperluas area pencarian.

KM Surya Mentari II dijadwalkan tiba di tujuan pada Minggu sore, namun mengalami hilang kontak.

Diduga kapal pengangkut sembako dan bahan bangunan itu tenggelam tersapu ombak besar dan cuaca buruk. (*/ Tribunews)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"