» » » Dukung Program Tol Laut, Kapal Roro Jakarta-Gresik-Jakarta Siap Berlayar


Istimewa

Jakarta, eMaritim.com – Dalam menyongsong kesuksesan Tol Laut yang di programkan Presiden RI Joko Widodo, PT. Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) mengembangkan dan memperlancar distribusi arus barang jalur domestik via laut antar daerah (Tol Laut), khususnya di wilayah pulau Jawa (Jakarta-Gresik-Jakarta).

Pada tanggal 8 Juni 2017 lalu dilakukan penandatanganan kerjasama pengoperasian trayek kapal Roro MV. SAWITRI dan MV. PRAYESTI di Surabaya dengan perincian; (1)Kerjasama antara PT. Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) dengan PT. Jagad Zamrud Khatulistiwa (JZK). (2)Kerjasama antara Manajemen Kerjasama Operasi Maspion Terminal Kendaraan Indonesia (MKO MTKI) dengan PT. Jagad Zamrud Khatulistiwa (JZK).

Oentoro Surya, penasihat PT. JZK mengatakan bahwa penandatanganan Kontrak Kerjasama ini adalah kelanjutan dari penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Kerjasama antara PT. Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) dengan PT Jagad Zamrud Khatulistiwa (JZK) yang telah dilakukan tanggal 26 Mei 2017 dihadapan Dewan Komisaris PT IKT, dimana para pihak bersepakat untuk melayani Jasa Dermaga dan Penyediaan Lapangan Penumpukan di terminal domestik PT Indonesia Kendaraan Terminal dan Maspion Terminal Kendaraan Indonesia. PT. JZK akan mengoperasikan 2 kapal Roro tersebut secara khusus untuk melayani trayek pelayaran Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya sebanyak 40 call perbulan dengan hanya membawa truck tanpa supir. Adapun detail spesifikasi kapal RoRonya adalah sebagai berikut :

MV. PRAYESTI
1. Capacity  : 1.700 lane mater
2. Length  : 184,5 M
3. Breadth  : 26,5 M
4. Draft   : 6,75 M
5. Ramp Door Capacity : 70 Ton  

MV. SAWITRI
1. Capacity  : 1.000 lane mater
2. Length : 118,87 M
3. Breadth : 19,60 M
4. Draft  : 7,9 M
5. Ramp Door Capacity : 50 Ton 

Pada kesempatan tersebut PT IKT diwakili oleh Direktur Utama, bapak Chiefy Adi K, MKO MTKI diwakili oleh Bapak Wasistianto selaku Kepala Unit Terminal dan PT JZK diwakili oleh Direktur Utama Bapak Harianto Suparto dan salah seorang Direkturnya yaitu Bapak Kasan Santosa Ng.

Distribusi cargo dari Jakarta menuju Surabaya akan dilayani dari terminal domestik kendaraan PT. IKT (IPC Car Terminal) yang merupakan anak perusahaan PT. Pelabuhan Insonesia II (Persero). Sementara pelayanan cargo dari wilayah Gresik akan dilayani di terminal Manajemen Kerjasama Operasi Maspion Terminal Kendaraan Indonesia (MKO MTKI), Gresik yang merupakan Manajemen Kerjasama Operasi antara PT. Indonesia Kendaraan Terminal dan PT. Maspion Industrial Estate.

Manfaat yang dapat diperoleh para pengguna jasa yang menggunakan trayek angkutan logistik Jakarta-Gresik-Jakarta yang disediakan oleh PT IKT, MKO MTKI dan PT JZK tersebut antara lain:
- Kapal dapat mengangkut barang jauh lebih banyak dari pada truk;
- Mengurangi volume kendaraan yang beroperasi dijalan sehingga mengurangi terjadinya kemacetan;
- Biaya kapal berkurang karena tersedianya barang balikan produk-produk Maspion group di Gresik;
- Menjadi Hub bagi cargo tujuan Bali dan Nusa Tenggara;
- Menggunakan tarif paket yang dapat dibayarkan melalui 1 pintu;
- Resiko kerusakan cargo berkurang, karena apabila menggunakan car carrier maka resiko kerusakan selama perjalanan dapat diminimalisir;
- Tersedianya fasilitas terminal dan Pre-Delivery Center (PDC) dengan standar international;
- Terintegrasi dengan sistem CARTOS yang dapat memonitor dan melacak melalui Web mulai dari cargo tiba di Gate Terminal Domestik (Jakarta) hingga tiba di Maspion Car Terminal (Gresik);
- Mengurangi konsumsi/subsidi bahan bakar;
- Mengurangi biaya perawatan jalan oleh pemerintah.

Adapun jenis cargo yang dapat dimuat oleh kapal Ro-Ro dimaksud adalah :

1. Container On Chassis 20 F
2. Container On Chassis 40 F
3. Truck Wing Box (9,5 M)
4. Truck Tronton (7 M)
5. Truck Engkel (5,5 – 6 M)
6. Head Truck (Container On Chassis)
7. Kendaraan/CBU

Tindak lanjut dari penandatanganan kontrak kerjasama diatas akan dilaksanakan pelayaran RoRo Perdana pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2017 dari Terminal Domestik PT Indonesia Kendaraan Terminal dengan menggunakan kapal RoRo Sawitri.

Ke depan diharapkan kerjasama operasi ini akan menbawa dampak positif bagi pertumbuhan industri di tanah air, khususnya di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Sejalan dengan itu, kelancaran arus barang yang didukung dari pembukaan trayek ini akan ikut pula berpengaruh positif dalam menggerakkan roda perekonomian di kedua wilayah tersebut serta mengurangi biaya logistic secara keseluruhan. (*)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"