Kapal Mudik Gratis Mulai Angkut Ratusan Motor -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Mudik Gratis Mulai Angkut Ratusan Motor

18 Juni 2017

Jakarta, eMaritim.com - Mudik Gratis dengan kapal laut  rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dimulai hari ini (17/6).

Sebanyak 227 penumpang dan 113 sepeda motor akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapal Pelni KM. Dobonsolo yang dinakhodai oleh Capt. Tarmin pada pukul 16.00 WIB ,dilepas oleh Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut, Bay M Hasani yang mewakili Dirjen Perhubungan Laut.

"Penumpang yang terdaftar baik secara online dan offline untuk keberangkatan tanggal 17 Juni sebanyak 227 orang dan 113 motor," jelas Bay.

Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut KM Dobonsolo seperti yang disampaikan Bay akan dilaksanakan mulai tanggal 17, 19, 21, dan 23 Juni 2017 untuk arus mudik sedangkan mudik gratis untuk arus baliknya akan dilaksanakan pada 30 Juni, 2, 4 dan 6 Juli 2017.

Ditempat terpisah, Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan sudah menambahkan 1 unit kapal KM. Mutiara Sentosa III milik PT. Atosim Lampung Pelayaran rute Jakarta - Semarang pp untuk melayani mudik gratis sepeda motor tersebut yang rencananya akan berangkat tanggal 22 Juni 2017 untuk arus mudik dan pada tanggal 29 Juni 2017 untuk arus balik.

"Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut tahun 2017 berlaku untuk pemudik maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak kecil," tutur  Tonny.

Dari data yang dilaporkan, peserta mudik kebanyakan memilih waktu keberangkatan mendekati hari H Lebaran.

"Untuk keberangkatan 23 Juni 2017, dari kapasitas yang tersedia, 98 persen sudah terisi,"  lanjut Tonny.

Hal itu, lanjut Tonny lantaran jarak tempuh yang pasti yakni selama 14 jam saja dari Jakarta ke Semarang.

Tonny menyebutkan kapasitas angkut untuk mudik gratis sepeda motor dengan KM. Dobonsolo sebesar 10.000 unit sepeda motor dan 20.000 orang  penumpang. Untuk KM. Mutiara Sentosa III, kapasitas yang disiapkan sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2.000 orang penumpang.

"Jumlah itu untuk 8 kali Voyage KM Dobonsolo dan 2 kali Voyage untuk KM. Mutiara Sentosa III," jelas Tonny.

Tonny juga berharap agar masyarakat memanfaatkan program mudik ini karena menurutnya kapal yang disiapkan Pemerintah banyak menghadirkan fasilitas dan hiburan yang memadai sehingga pelayaran selama 14 jam tidak akan terasa lama.

"Terpenting, program mudik gratis ini memberikan pelayaran mudik yang aman, selamat, tertib, dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor agar mudik bareng akan tercipta guyub rukun," kata Tonny.

Sebagai informasi, pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok hingga hari H keberangkatan. Begitu juga sebaliknya, untuk arus balik, pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan offline di posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 25 Juni 2017 hingga hari H keberangkatan kapal.

Adapun program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, bertujuan mengurangi arus kepadatan lalu lintas pengguna sepeda motor. Selain itu juga sebagai pencegahan sekaligus mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang mendominasi di setiap musim Lebaran serta mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh.(*)