» » » Menhub Inspeksi KM. Labobar di Pelabuhan Balikpapan


Balikpapan, eMaritim.com - Dalam kunjungnanya ke Pelabuhan Balikpapan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke KM Labobar rute Balikpapan - Surabaya untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan dan pelayanan pada masa Angkutan Lebaran tahun 2017.

Menhub Budi telah mendapatkan laporan bahwa kapal- kapal yang beroperasi melayani penumpang di Pelabuhan Balikpapan, telah dilakukan uji kelaiklautan kapal atau uji petik oleh tim Ditjen Perhubungan Laut.

"Tim Perhubungan Laut sudah cek semua kapal, mulai dari jumlah life jacket agar sesuai dengan jumlah penumpang, sekoci berfungsi dengan baik dan hal lainnya terkait keselamatan," tuturnya.

Menhub Budi berpesan kepada seluruh pihak penyelenggara di Pelabuhan Balikapapn bahwa yang harus diprioritaskan adalah faktor keselamatan.

"Nomor satu safety dulu. Dari Pelni, Syahbandar wajib memastikan safety dan juga security. Saya minta nanti ada pagar supaya orang yang masuk adalah memang orang yang berhak (penumpang)," ujarnya.

Selain mengecek aspek keselamatan dan keamanan, Menhub juga mengecek kesiapan pelayanan pelabuhan dan kapal.

Menhub Budi mengapresiasi PT Pelni yang telah menyiapkan kapal-kapalnya dengan baik. Namun demikian, ada beberapa catatan yang disampaikan Menhub yaitu terkait masih adanya penumpang yang duduk atau tidur di dek-dek kapal.

"Fasilitas (kapal) yang diberikan sudah cukup bagus. Tapi kedepan, agar dicarikan cara agar bagaimana semua penumpang dapat tempat duduk atau ada tempat khusus yang lebih layak. Tadi saya lihat masih banyak yang duduk dan tidur di lantai dek kapal," ungkap Menhub.

Selain itu, Menhub juga meminta pihak pelabuhan melakukan antisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan tempat tambahan yang lebih besar.

"Tadi saya melihat tempat menunggu untuk penumpang masih kurang. Saya minta tenda-tenda yang ada diperbesar. Tadi pak Walikota sampaikan di dekat sini ada GOR. Bisa dimanfaatkan. Saya harap besok GOR sudah bisa digunakan. Kasian para penumpang nanti," jelas Menhub Budi.Turut serta dalam kunjungan kerja Menhub ke Balikpapan, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Watimena, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Dirjen Perhubungal Laut Tonny Budiono. Dirut PT Pelni Elfien Goentoro beserta jajaran Kementerian Perhubungan, GM Pelindo IV Pelabuhan Balikpapan Baharuddin M.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"