» » » Menhub Minta Keamanan Pelabuhan Tanjung Perak Diperketat


Surabaya, eMaritim.com – Jelang lebaran 1438 H Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar Pelabuhan Tanjung Perak di perketat keamanannya di berbagai sektor area.

“Saya meminta kepada Pelindo III untuk memperketat keamanan, baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup,” kata Menhub Budi usai meninjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (15/6) siang.

Menhub Budi menjelaskan bahwa dari pelaksanaan uji petik (uji kelaikan) kapal oleh Syahbandar Tanjung Perak sudah mencapai 80 persen dari jumlah kapal dan dinyatakan laik berlayar, “Saya dilapori oleh Syajbandar bahwa telah dilaksanakan uji petik terhadap 80 persen dari jumlah kapal dan telah lulus uji serta dinyatakan laik berlayar,” ujarnya.

Selama masa angkutan Lebaran 2017, Syahbandar Tanjung Perak dan PT Pelindo III sebagai operator Pelabuhan Tanjung Perak juga telah mendirikan posko pemantauan yang telah dimulai sejak 10 Juni s.d. 11 Juli 2017 atau H-15 s.d. H+15 Lebaran. PT Pelindo III memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 22 Juni 2017 atau H-3 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 29 Juni 2017 atau H+3 Lebaran.

Di pelabuhan Tanjung Perak sendiri telah menyiagakan total 33 kapal terdiri dari 29 kapal laut, 3 kapal perintis, dan 1 kapal penyeberangan. Selain itu PT Pelindo III juga telah mempersiapkan 3 terminal penumpang  untuk mendukung kelancaran arus pemudik yaitu Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Terminal Penumpang Sementara (eks Gudang 100), dan Terminal Penumpang Ro-Ro.

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan Komisi V DPR RI Muhidin M. Said kembali mengapresiasi Kementerian Perhubungan terkait kesiapannya jelang masa angkutan lebaran yang akan berlangsung tidak lama lagi. Muhidin mengharapkan agar kondisi bandara, terminal bus dan pelabuhan Tanjung Perak ini dapat dipertahankan sampai arus balik nanti.

PT Pelindo III mencatat pada masa angkutan Lebaran tahun 2016, terdapat total 177.174 penumpang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Perak. PT Pelindo III memprediksi angka ini akan kembali mengalami peningkatan di tahun 2017 sekitar 3 persen. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini