10 Awak Kapal Perang AS Hilang Akibat Tabrakan Kapal -->

Iklan Semua Halaman

10 Awak Kapal Perang AS Hilang Akibat Tabrakan Kapal

Khalied Malvino
21 Agustus 2017


Kapal  USS John McCain milik AL AS | Ist
Singapura, eMaritim.com – Tabrakan kapal perang Amerika Serikat jenis perusak, yakni USS John McCain dengan sebuah kapal tanker berbendera Liberia di laut lepas pantai Singapura menelan korban jiwa. Sebanyak 10 awak kapal perang AS dinyatakan hilang dan belum ditemukan hingga saat ini.

Diketahui, kapal USS John McCain sedang berlayar melintasi Selat Malaka dan bersiap untuk merapa ke Singapura. Namun, kapal perang jenis perusak ini menabrak sebuah kapal tanker berbendera Liberia di laut lepas pantai Singapura.

Upaya pencarian dan penyelamatan sedang terus dilakukan. Peristiwa kali ini dilaporkan berlangsung pada Senin (21/8) pukul 06:24 waktu setempat (04.24 WIB) terjadi saat USS John McCain sedang bersiap melakukan perlabuhan rutin.

Laporan awal mengindikasikan bahwa kapal itu mengalami kerusakan namun bisa melanjutkan pelayaran menuju pelabuhan Singapura, kata AL AS. Sejumlah helikopter AS dan angkatan laut dan penjaga pantai Singapura dikerahkan untuk mencari dan menyelamatkan 10 pelaut yang masih hilang.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, belum jelas bagaimana keadaan kapal tanker minyak Alnic MC dan para awaknya. Kapal itu memiliki bobot 30.000 ton, sekitar tiga kali lipat kapal USS John Mc Cain. Senator John McCain yang namanya diabadikan untuk kapal itu, mencuit bahwa ia dan isterinya mendoakan keselamatan para pelaut.

Ini merupakan tabrakan berat kedua yang melibatkan kapal AS dalam tempo dua bulan.
Bulan Juni lalu, sebuah kapal perang AS, USS Fitzgerald, menabrak sebuah kapal barang Filipina di perairan Jepang, mengakibatkan tewasnya tujuh marinir AS. (*)