5 Pekerja Tewas Pasca Ledakan Kapal Pesanan Ditjen Hubla -->

Iklan Semua Halaman

5 Pekerja Tewas Pasca Ledakan Kapal Pesanan Ditjen Hubla

Khalied Malvino
11 Agustus 2017
KM Kendhaga Nusantara meledak | Istimewa
Serang, eMaritim.com – Sedikitnya lima pekerja tewas dan empat lainnya terluka pasca kapal KM Kendhaga Nusantara yang merupakan kapal pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) meledak di dalam areal perakitan kapal milik PT Krakatau Shipyard, di Kampung Ambaru, Desa Puloampel, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Jum’at (11/8). Meledaknya kapal diduga karena gas bocor.

Warga setempat, Romidin mengungkapkan, ia mendengar suara ledakan yang cukup keras yang berasal dari kapal di lokasi PT Krakatau Shipyard tersebut.

"Memang di lokasi sedang dilakukan pembuatan kapal baru," ujar Romidin.

Menurut Kasat Reskrim Polres Cilegon, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dadi Perdana Putra, disinyalir di dalam dok kapal sudah terkumpul gas akibat adanya kebocoran. Dari keterangan saksi di lokasi, saat sakelar las dinyalakan, ledakan tak dapat terhindar.

“Korban tewas antara lain Safrudin, Ifon Efendi, Yadi, Supri, dan Misri. Sedangkan korban luka-luka adalah Ali, Dani, Asmara, dan Rusman,” terang AKP Dadi Perdana seperti dikutip sindonews.

AKP Dadi Perdana menambahkan, pihaknya masih melakukan pengembangan terkait kasus ledakan dengan memintai keterangan para saksi dari rekan korban, mandor, dan pemilik galangan kapal tersebut.

Sebelumnya, ledakan keras terjadi di dalam badan kapal KM Kendhaga Nusantara 14 milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang tengah dirakit di areal PT Krakatau Shipyard, di Desa Pulo Ampel, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Jumat (11/8/2017) pukul 08.00 WIB.

Kini, seluruh korban telah dievakuasi ke RSUD Panggungrawi Cilegon dan RS dr Dradjat Prawiranegara Serang. (*/Vin)