Kemenhub Gelontorkan APBN Ratusan Miliar Rupiah Luncurkan KN Kalian -->

Iklan Semua Halaman

Kemenhub Gelontorkan APBN Ratusan Miliar Rupiah Luncurkan KN Kalian

Khalied Malvino
10 Agustus 2017
Kapal Navigasi Kalian
Jakarta, eMaritim.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) menggelontorkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp 246,2 Miliar untuk meluncurkan Kapal Induk Perambuan yaitu KN Kalian di Galangan Kapal Mitra Sejati, di Serang, Banten, Kamis (10/8). Anggaran tersebut juga digunakan sebelumnya saat peluncuran KN Sibaru-baru 12 Juli lalu.

Rencananya, KN Kalian ini akan dioperasikan dan dipangkalkan di Distrik Navigasi Kelas II Palembang, sementara KN Sibaru-baru telah dioperasikan dan dipangkalkan di Distrik Navigasi Kelas II Teluk Bayur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubla, A. Tonny Boediono mengatakan, peluncuran sejumlah kapal navigasi ini merupakan dampak Indonesia sebagai negara maritim. Selain itu, peluncuran ini juga sudah menjadi tanggungjawab pihaknya untuk menjamin keselamatan pelayaran melalui penyelenggaraan kenavigasian di seluruh wilayah perairan di Indonesia.

"Ini bukti keseriusan kami (pemerintah) dalam meningkatkan jumlah armada kapal navigasi di Indonesia," papar A. Tonny Boediono, Kamis (10/8).


Peluncuran tersebut ditandai dengan prosesi pengguntingan pita dan penekanan tombol sirine oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono yang diwakili oleh Direktur Kenavigasian I Nyoman Sukayadnya, dan Direktur Utama PT. Caputra Mitra Sejati Chris Pramono, yang diikuti dengan peluncuran Kapal Induk Perambuan ke kolam pelabuhan.

Dirjen Tonny menambahkan, peranan Kapal Induk Perambuan sangat pentung dalam memasang dan mengangkut Sarana Bantu Navigasi Perhubungan (SBNP), serta mengantar giliran tugas penjaga menara suar dan distribusi perbekalan.

"Semua kapal negara yang telah dibangun harus dirawat dan dijaga. Hal ini dilakukan agar kondisi teknisnya tetap terjaga sehingga dapat diandalkan saat menjalani tugas kenavigasian," lanjut Tonny.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Hubla juga memberikan apresiasi kepada segenap jajaran PT. Caputra Mitra Sejati yang telah menyelesaikan pembangunan 2 (dua) unit Kapal Induk Perambuan sesuai dengan jadwal waktu pelaksanaan yang telah disepakati. Dirjen Tonny meminta agar Galangan Kapal PT. Caputra Mitra Sejati selalu mengikuti prosedur dan mengutamakan aspek keselamatan serta memperhatikan kualitas dan mutu dalam membangun kapal.

“Dengan rampungnya pembangunan kedua kapal navigasi ini, diharapkan dapat semakin memperkuat armada kapal Negara kenavigasian milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta dapat meningkatkan keandalan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) demi mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia,” tutup Tonny.(*/Vin)