» » » Pembuatan Kapal Ikan, Pemkab Luwu Timur dan PT. IKI Jalin Kerjasama

Istimewa
Makassar, eMaritim.com – Dalam rangka pengembangan pembuatan kapal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur menjalin kerjasama dengan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Persero. Kerjasama ini nantinya akan difokuskan pada pembuatan kapal tangkap ikan dan kapal pengawas berbahan fiber dengan kapasitas 5 GT dilengkapi alat penangkap ikan.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler yang mengunjungi Galangan Kapal PT. IKI (Persero) mengatakan, sumber daya kelautan dan perikanan di wilayahnya cukup besar, namub ia mengaku belum ada pengelolaan yang tepat dna maksimal karena keterbatasan alat.

"Untuk mengelola potensi sumber daya alam perikanan dan kelautan secara efektif, efisien, dan berkelanjutan, maka diperlukan upaya-upaya pengembangan infrastruktur melalui peningkatan sarana salah satunya penggunaan kapal penangkap ikan," jelas Husler, seperti dikutip rakyatku.com.

Dalam kunjungan tersebut turut serta Plh. Sekretaris Daerah Muh. Amir Kapeng, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pangan (DKPP) Nursih Hariani, Staf Ahli Bidang Pembangunan Zakaria Bakri dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Anton Saranga. 
Rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT. IKI Persero, Edy Widarto, Komisaris PT.  IKI Yesvis M. Pakan dan Direktur Opersional Ahril Abdullah.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Bupati Luwu Timur menyampaikan harapan mengenai peluang menjajaki kerjasama dengan PT. IKI Persero dalam pembuatan kapal penangkap ikan, khususnya pembuatan kapal tangkap ikan dan kapal pengawas berbahan fiber berkapasitas 5 GT dilengkapi alat penangkap ikan.

Usai mendapat penjelasan dari bupati, Direktur Utama (Dirut) PT. IKI (Persero), Edy Widarto, menyambut gembira rencana peluang kerjasama tersebut. Ia menyampaikan akan segera melakukan upaya untuk menindaklanjuti gagasan dan rencana pengembangan kapal tangkap ikan dan kapal pengawas di Kabupaten Luwu Timur.

"Insya Allah dalam waktu dekat, saya akan berkunjung melihat secara keseluruhan kondisi lapangan seperti apa, kapal yang pas untuk wilayah Luwu Timur," ujar Edy Widarto.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi lokasi pembuatan kapal serta aktifitas lainnya di PT. IKI Persero. Sebagaimana diketahui, PT.IKI Persero merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Makassar,  Sulawesi Selatan dan bergerak di bidang industri perkapalan terbesar di wilayah Indonesia Timur. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini