» » » Rute Baru Surabaya-Tahuna Diaktifkan Kembali

Ilustrasi | Istimewa
Sangihe, eMaritim.com – Rute pelayaran Surabaya-Tahuna akan kembali diaktifkan setelah sebelumnya rute Makassar-Tahuna bulan Mei lalu yang menurut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe, Sulawesi Utara, dirasa kurang bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Sangihe. Pengubahan rute pelayaran ini diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Velma Maheso, setelah tidak beroperasi lagi selama beberapa bulan, pelayaran tol laut ke Sangihe kembali diaktifkan namun ada perubahan pelabuhan asal.

"Pelayaran tol laut kembali akan aktif pada awal bulan September 2017 nanti," kata Velma Maheso di Tauna, Selasa (29/8).

Ia menambahkan, selain diaktifkan kembali jalur pelayaran tol laut juga mengalami perubahan, khususnya dari pelabuhan awal.

"Kapal yang sebelumnya melayani jalur Makasar-Tahuna akan megalami perubahan menjadi Surabaya-Tahuna," katanya, seperti dilansir skalanews.

Pengubahan rute pelayaran ini, menurutnya, sangat menguntungkan pengusaha dan masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Menurutnya, selama ini pengusaha di Sangihe sudah melakukan perdagangan dengan pengusaha yang ada di Surabaya.

"Hubungan dagang antara pengusaha di Sangihe dengan pengusaha di Surabaya sudah terbangun sejak lama, sehingga pengubahan rute pelayaran tol laut sangat baik," jelasnya.

Sebelum dilakukan perubahan rute pelayaran, menurutnya, sudah dilakukan komunikasi antara pemerintah daerah dan pengusaha baik yang di Sangihe maupun di Surabaya. Ia berharap, dengan pengubahan rute dari Makasar ke Surabaya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe.

"Kami berharap, dengan program tol laut Surabaya-Tahuna taraf perekonomian masyarakat semakin meningkat," pungkasnya. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini