» » » 7 Unit Damkar Padamkan Api 2 Kapal Ikan yang Terbakar

Salah satu kapal ikanm terbakar di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo | Istimewa
Probolinggo, eMaritim.com – 7 unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta PT. KTI dikerahkan untuk memadamkan dua kapal nelayan pencari ikan milik A-Moy dan A-Tiy, warga Tanjung Balai, Kepulauan Riau, yang ludes dilalap api saat sedang diperbaiki di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Api diduga berasal dari percikan las yang menyambar ke bahan bakar hingga terjadi ledakan dan mengakibatkan kebakaran. Hanya dalam hitungan menit, api melalap dua kapal pencari ikan antar pulau itu. Kuatnya tiupan angin dan bahan bakar yang berada dalam dua kapal tersebut membuat api semakin cepat menjalar ke seluruh badan kapal.

Meski tujuh unti Damkar telah dituunkan, butuh waktu lama untuk memadamkan api karena terkendala angin dan kondisi kapal yang berisi bahan bakar.

Dikatakan Harun, seorang anak buah kapal Nagoya 2, sebelum terbakar, kapal ini siap berangkat. Sedangkan kapal Setia Indah yang berada di sebelahnya dalam proses perbaikan.

"Api membesar dengan cepat karena di dalam dua kapal ini terdapat bahan bakar. Ada ledakan beberapa kali, dan diduga penyebabnya dari percikan api saat pengelasan," tutur Harun.

Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai belasan miliar rupiah. Untuk kapal Setia Indah dalam kondisi baru dan hampir selesai pengerjaannya. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini