» » » Ajang Pemilihan PPMI 2017 Tingkatkan Peran Pemuda di Sektor Maritim


Ajang pemilihan PPMI 2016 | Istimewa

Jakarta, eMaritim.com – Ajang pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) akan kembali kembali digelar oleh Yayasan PPMI dengan makusd meningkatkan peran serta generasi muda yang dapat melanjutkan perjuangan NKRI dalam mengembalikan kejayaan maritim Indonesia. Acara ini akan digelar pada 28 Nopember 2017 mendatang.

Acara tingkat nasional ini diawali dengan proses pendaftaran yang telah dibuka mulai 17 Agustus 2017 sampai dengan 17 Oktober 2017. Mengacu pada maksud dari kegiatan ini, acara dengan tema "Dengan Berwawasan Budaya Indonesia, Putera-Puteri Maritim Indonesia Siap Mewujudkan Eksistensi NKRI Sebagai Negara Maritim" ini bertujuan mencari potensi yang multi-talenta dari kalangan generasi muda bangsa Indonesia untuk menjadi Duta Maritim yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, memiliki wawasan dan budaya maritim yang profesional, memiliki kreatifitas yang tinggi dan handal serta memiliki komitmen untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia melalui peningkatan pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi Sumber Kekayaan Alam Kelautan Indonesia, untuk kemudian mensosialisasikan dan mempromosikannya kepada masyarakat melalui kegiatan yang atraktif baik ditingkat regional maupun internasional.

Anna Tedjo, selaku pendiri Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia sekaligus istri dari Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, S.H. menuturkan harapannya dalam penyelenggaraan PPMI ini, yakni mendidik generasi muda untuk cinta maritim, mempunyai wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi, mempunyai semangat bela negara, dan juga mampu mensosialisasikan budaya maritim.

“Selain memperebutkan hadiah utama yakni Mahkota dan Piala Bergilir untuk Putera dan Puteri Maritim Indonesia terpilih, seluruh finalis juga akan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang kategori yang terdiri dari Putera-Puteri Maritim Indonesia Favorit, Putera-Puteri Maritim Indonesia Pariwisata, Putera-Puteri Maritim Indonesia IPTEK, Putera-Puteri Maritim Indonesia Lingkungan, dan Putera-Puteri Maritim Indonesia Persahabatan. Sementara Duta Maritim Indonesia tingkat provinsi akan mendapatkan sertifikat serta selempang/sash Duta Maritim Indonesia 2017,” ujar Anna Tedjo, seperti dikutip wartakota.

Jadwal seleksi Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) dimulai dengan proses pendaftaran yang dibuka mulai 17 Agustus 2017 - 17 Oktober 2017. Dilanjutkan dengan proses Seleksi Administrasi pada 18 – 25 Oktober 2017, Seleksi Wawancara Online pada 26 – 31 Oktober 2017, dan Penetapan Calon Pemenang perwakilan daerah/provinsi pada 01 November 2017. Lalu memasuki proses pembekalan/karantina di Jakarta mulai 16 - 27 November 2017, kemudian dilanjutkan dengan malam Grand Final di Jakarta pada 28 November 2017.

Pemberian Piala Bergilir Putera-Puteri Maritim Indonesia akan diadakan di acara "Sail Sabang 2017" di Pulau Weh, Aceh,  pada 13 Desember 2017 yang mana akan dilakukan penyerahan piala oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Untuk informasi, tahun lalu, malam Grand Final Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2016 digelar di atas kapal perang KRI Surabaya 591 yang sedang bersandar Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (2017) ini terbuka untuk generasi muda Indonesia yang berusia 18-26 tahun, minimal lulusan SMA/sederajat, belum pernah menikah, dan sejumlah persyaratan serta kriteria lainnya yang bisa di cek melalui :
Website : http://www.puteraputerimaritim.com
Instagram : @ppmaritimindonesia
Narahubung bagian pendaftaran :

Sekretariat Panitia Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2017

Kantor Pusat : Gedung AESTRO, Jl. Tanah Abang III No. 31, Jakarta Pusat, 10160

Telpon : Ibu Connie (0811 1341 397) / Wildan (082216867832)

E-mail : puteraputerimaritim@gmail.com

Sebagai catatan, pendaftaran Putera-Puteri Maritim Indonesia ini tidak dipungut biaya.

Untuk relasi media/informasi lebih lanjut bisa menghubungi Husna (08111839059) selaku panitia Putera-Puteri Maritim Indonesia 2017.

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini