» » » HUT TNI AL ke-72

Prajurit TNI AL | Istimewa
Jakarta, eMaritim.com – Sejarah TNI AL dimulai pada 10 September 1945, setelah masa awal diproklamasikannya kemerdekaan negara Indonesia. Saat itu, pemerintah awal Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut). BKR Laut dipelopori oleh pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) pada masa penjajahan Belanda dan Kaigun pada masa pendudukan Jepang.

BKR kemudian berganti nama sebagai Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Indonesia pun mulai membangun pangkala-pangkalan militer laut sebagai bentuk kedaulatan, sekaligus membuktikan diri sebagai negara berdaulat.

Di bidang Organisasi ALRI juga membentuk Armada, Korps Marinir yang saat itu disebut sebagai Korps Komando Angkatan Laut (KKO-AL), Penerbangan Angkatan Laut dan sejumlah Komando Daerah Maritim sebagai komando pertahanan kewilayahan aspek laut.

Untuk tahun ini, puncak peringatan HUT TNI AL dilaksanakan pada tanggal 11 September 2017 di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara. Dalam peringatan tersebut akan dilaksanakan rangkaian kegiatan meliputi upacara militer yang dilanjutkan sosiodrama dan defile pasukan upacara.

Dirgahayu TNI AL. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini