» » » Pemprov Sultra Bangun 35 Pelabuhan Penyebrangan

Ilustrasi pelabuhan penyebrangan | Istimewa
Kendari, eMaritim.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana membangun 35 pelabuhan penyebrangan untuk menyatukan beberapa pulau yang ada di daerah ini.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, Hado Hasina, mengatakan pembangunan 35 pelabuhan penyebrangan itu telah masuk dalam master plan Kementrian Perhubungan dan akan segera dibangun. Ia menambahkan, saat ini sudah ada 18 pelabuhan penyebrangan yang telah dibangun untuk menyatuhkan sejumlah pulau - pulau yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Ada 35 lokasi pelabuhan penyeberangan yang menurut master plan Kementrian Perhubungan RI harus segera dibangun dan saat ini baru 18 pelabuhan yang sudah terbangun," ujar Hado Hasina, seperti dikutip antaranews.com.

Untuk itu, dalam melakukan pembangunan dan pengembangan kawasan pelabuhan, pemerintah daerah akan melibatkan masyarakat setempat guna memberikan dukungannya dengan bersama melakukan pengembangan kawasan komersil berbasis masyarakat di seluruh pelabuhan yang ada didaerah ini.

"Dalam melakukan pengembangan kawasan pelabuhan kami juga akan melibatkan masyarakat dalam memberikan dukungannya untuk bersama dalam melakukan pengembangan kawasan komersil berbasis masyarakat," tuturnya.

Menurut Hado Hasina khusus untuk Kabupaten Wakatobi yang merupakan salah satu kawasan strategis pariwiasata nasional akan mendapat kucurun dana miliaran rupiah dari Kementrian Perhubungan untuk membangun sarana dan prasarana pelabuhan penyebrangan di empat pulau yang meliputi Wanci, Kaledupe, Tomia dan Binongko.

Lebih lanjut Hado memgatakan pada empat pulau di Kabupaten Wakatobi itu juga akan di bangun terminal yang terintegrasi antara lokasi wisata serta angkutan penumpang (orang) dan barang. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini