» » » Sedih, Foto Kuda Laut Membawa Sampah di Perairan Indonesia Menjadi VIral


Foto Instagram Kuda Laut Membawa Cotton Butt (Akun Justinhofman)
Sumbawa, eMaritim.com – Disaat media sosial menjadi konsumsi masyarakat Indonesia bahkan dunia, ada peristiwa yang unik yang menjadi bahan perbincangan netizen mengenai kondisi laut Indonesia saat ini, yakni Foto kuda laut bawa sambah yang viral dan banyak diperbincangkan oleh warganet. Foto tersebut diketahui diambil di laut Sumbawa dan saat ini tengah viral di media sosial.

Bukan karena kerena ataupun warna dan bentuknya yang cantik, melainkan foto itu menunjukan kuda laut bawa sampah cotton butt di ekornya. Seperti diketahui jika makhluk mungil ini biasanya hidup di sekitar terumbu karang. Bagian ekornya sendiri biasanya dililitkan di karang ataupun rumput laut.

Ekor kuda laut sengaja dililitkan supaya hewan ini tetap stabil berada dimana posisinya berada dan tidak terbawa arus laut atau ombak. Namun terlihat foto yang menjadi viral ini membuat hati sebagian orang pedih.

Bagaimana tidak foto yang diunggah oleh akun Instagram Sea Legacy ini menunjukan kuda laut bawa sampah. Cukup diketahui jika Sea Legacy sendiri merupakan salah satu organisasi yang bergerak dibidang konservasi laut.

Nampak foto itu membuat pedih yang melihatnya, karena alih-alih melilitkan ekor pada karang atau rumput laut, seekor kuda laut justru melikitkan ekornya pada sebatang sampah catton bud. Dalam unggahan foto tersebut, Justin Hofman menyebut foto ini benar-benar membuat frustasi dan sedih.

Dituliskan pula kesempatan langka untuk mengabadikan foto kuda laut di lautan Sumbawa berubah menjadi rasa iba dan sedih karena melihat sampah catton bud yang dibawa seekor kuda laut tersebut. ‘Kuda laut ini terlihat hanyut dan terombang ambing bersama sampah (cotton bud-red) yang terbawa arus laut sepanjang Kepualuan Indonesia. Foto ini menujukan kondisi laut kita sekarang hingga nanti. Melihat ini masa depan apa yang ingin kita ciptakan dan bagaimana aksimu untuk planet ini?’ tulis Justin.

Seperti info yang dilansir oleh Indowarta bahwa Justin meyebutkan jika foto tersebut diambil saat dirinya melakukan penyelaman di laut Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia menambahkan lokasi diambilnya foto tersebut berada di sekitar wilayah Sumbawa Besar.

Justin mengatakan jika foto kuda laut bawa sampah itu diambil pada saat dirinya sedang snorkling bersama rekannya Richard White. Pada sata itu dia jua megaku melihat banyak sampah yang terbawa arus hingga ke lautan lepas dan menurutnya sampah itu berasal dari desa setempat.

Dalam foto tersebut, Justin Hofman menyebut foto ini benar-benar membuat frustasi dan sedih. Kesempatan langka untuk mengabadikan foto kuda laut di lautan Sumbawa, berubah jadi rasa iba karena sampah cotton bud yang dibawa di ekor sang kuda.


"Kuda laut ini hanyut terombang ambing bersama sampah (cotton bud -red) yang dibawa arus laut sepanjang Kepulauan Indonesia. Foto ini adalah alegori dari kondisi lautan kita sekarang dan nanti. Masa depan apa yang kita ciptakan? Bagaimana aksimu untuk planet ini?," tulis Justin di keterangan fotonya.


Foto yang diambil oleh Justin itu seperti mewakilkan kondisi laut Indonesia saat ini, sungguh sangat ironi ketika Indonesia yang negaranya dikelilingi oleh laut dan kaya akan alam bawah lautnya yang sangat indah ini belum lepas dari masalah sampah yang seakan biasa bagi maasyarakat. Mari cintai lingkugan bersih laut kita agar kelak Indonesia  menjadi negara dengan keindahan alam laut yang penuh hiasan karang dan ikan, tanpa sampah.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini