» » » Manado Didaulat Jadi Tuan Rumah Rembuk Nasional Kemaritiman

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjdaitan | Istimewa
Manado, eMaritim.com – Kota Manado didaulat menjadi tuan rumah event Rembuk Nasional Kemaritiman yang rencananya akan dihelat pada Kamis (19/10) di Gedung Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Nantinya, agenda nasional ini akan dihadiri sejumlah kementerian, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, praktisi kemaritiman Prof. Rokhmin Dahuri, Prof. Dindin Damanhuri (pengamat), dan Panglima Komando Armada RI Kawan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, serta para pengusaha di bidang perikanan.

Ketua panitia pelaksana Rian Andi Sumarno mengatakan, pembukaan acara akan didahului sambutan Ketua DPP Institut Lembang Sembilan HM Alwi Hamu, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dilanjutkan pemaparan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, selaku keynote speaker.

"Acara dimulai pukul 07.30 Wita sampai selesai. Lokasinya berganti karena beberapa hal. Awalnya direncanakan digelar di Hotel Peninsula Sintesa, tapi kemudian yang fix adalah di Gedung Auditorium Universitas Sam Ratulangi," jelas Rian, seperti dilansir manadopostonline.com.

Diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ronald Sorongan, Sulut siap menjadi tuan rumah kegiatan ini. “Kita sangat berharap, ada kontribusi positif bagi Sulut melalui kegiatan tersebut. Apalagi pembicara yang hadir sangat kompeten,” pungkas Sorongan.

Rembuk Nasional Kemaritiman merupakan pembahasan kebijakan tentang aspek kelautan dan perikanan yang dibangun dari pinggiran sesuai program Nawacita yang digaungkan Presiden Joko Widodo. Ada beberapa langkah yang perlu diambil, antara lain pengembanganan data mengenai sumber maritim dan kelautan keberlanjutan secara akurat agar mimpi kita untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim.

Rembuk Nasional Kemaritiman ini sebelumnya dihelat di Aula Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti) yang dipimpin Prof. Dominggus Malle, S.Pt,M.Sc, selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kampus Unpatti.

Seperti dikutip militer.or.id, saat event Rembuk Nasional Kemaritiman digelar di Unpatti, Dr. Firdaus Ali, M.Sc, dalam pidatonya mengatakan, rembuk nasional diharapkan dapat mencari solusi terhadap permasalahn-permasalahan yang berkaitan dengan percepatan pembangunan dalam bidang kemaritiman dan Kelautan yang hasilnya akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini