Tekan Disparitas Harga, Pelindo IV Siapkan Program Jalur Distribusi -->

Iklan Semua Halaman

Tekan Disparitas Harga, Pelindo IV Siapkan Program Jalur Distribusi

Khalied Malvino
16 Oktober 2017
Pelindo IV | Istimewa
Ternate, eMaritim.com – Menekan lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat akibat tingginya biaya buruh, Pelindo IV Cabang Ternate bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta membuka program distribusi serta menyiapkan lokasi distribusi bahan kebutuhan pokok.

Manajer SDM dan Umum Pelindo IV Cabang Ternate, F.E Nitalessy mengatakan, sejumlah kebutuhan pokok yang akan didistribusikan seperti beras, gula, terigu, mentega, sayur mayur, dan bumbu-bumbuan dipasok dari luar Maluku Utara.

Ia mengungkapkan, setiap kali terjadi kelangkaan stok maka harga kebutuhan pokok otomatis melonjak naik. Sebaliknya, harga akan turun bila persediaan mencukupi atau berlebih. Sekarang ini, PT Pelindo IV Cabang Ternate sudah membuka sebuah gerai untuk memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok.

"Sudah dibuka sejak dua bulan lalu, bertempat di Jalan Raya Batuangus Kelurahan Toloko, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate," katanya seperti dikutip wartaekonomi.co.id.

Gerai yang diberi nama Rumah Kita tersebut saat ini baru menjual beras sebagai kebutuhan pokok utama masyarakat. Gerai Rumah Kita juga merupakan salah satu program dari anak perusahaan PT Pelindo, yaitu Nusantara Terminal Service (NTS). Tujuannya untuk mengimbangi harga atau barang yang berada di suatu daerah jika mengalami kenaikan atau kelangkaan.

"Jika ada beras dari merek tertentu yang mengalami kenaikan harga atau yang susah dijangkau oleh masyarakat maka Rumah Kita akan memberikan pelayanan dengan harga yang berada di bawah atau Lebih rendah. Memang baru ada di Ternate dan Tobelo, tetapi tidak menutup kemungkinan dibangun di daerah lainnya," pungkasnya.(*)