Menhub Budi Lantik Agus Purnomo Sebagai Dirjen Hubla -->

Iklan Semua Halaman

Menhub Budi Lantik Agus Purnomo Sebagai Dirjen Hubla

Khalied Malvino
03 November 2017
Agus Purnomo saat dilantik Menhub Budi Karya sebagai Dirjen Hubla yang baru | Istimewa
Jakarta, eMaritim.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi melantik tiga pejabat eselon 1 serta sejumlah pejabat lainnya di Gedung Karya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jum’at (3/11/2017). Salah satu yang menjadi sorotan di dunia maritim yakni terpilihnya Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla), Agus H. Purnomo yang telah melalui beberapa tahap penyeleksian beberapa waktu lalu.

Saat ditemui  usai pelantikan, Menhub Budi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan tiga Dirjen yang baru ini. Ia menekankan betapa pentingnya soliditas setiap Dirjen agar dapat tetap dijaga.

“Kita akan konsolidasi nanti mengingat beberapa dari luar ruang lingkup Kemenhub. Kami akan mendorong rencana yang sudah dilaksanakan dengan kepemimpinan sebelumnya pada masing-masing Direktorat Jenderal (Ditjen), baik Ditjen Darat, Hubla, maupun Perkeretaapian,” ujar Menhub Budi Karya kepada awak media, di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Jum’at (3/11/2017).

Ia menambahkan, selain akan berkonsolidasi, hal lain yang perlu ditekankan yaitu soal leadership, regulasi, stimulasi, dan kegiatan operasional Kemenhub. Ia berharap dari ketiga Dirjen yang baru ini, mampu bekerja dengan baik sehingga yang bersangkutan bisa mengendalikan operasional dan menyiapkan regulasi, bahkan harus lebih dari apa yang diharapkannya.

“Saya harap ketiganya multitasking karena Presiden Jokowi ingin sekali transportasi menjadi ujung tombak bagi pembangunan, pengembangan, dan pertumbuhan di Indonesia. Harus all out,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Indonesian National Ship-owners’ Association (INSA), Carmelita Hartoto mengungkapkan rasa sukacita atas terpilihnya Dirjen Hubla yang baru, yakni Agus H. Purnomo. Menurutnya, sukacita ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, sebagai pihak swasta, ia sudah menunggu cukup lama momentum pemilihan dan pelantikan Dirjen Hubla.

“Selama ini kita menunggu cukup lama. Semoga terpilihnya beliau (Agus) pihak swasta dan regulator dapat bersinergi dengan baik untuk segera menyelesaikan kebijakan yang belum sempat diselesaikan, misalnya PM 70 tahun 2017,” jelasnya kepada eMaritim.com.

Saat ditanya terkait kedekatan dengan Dwi Budi Sutrisno yang sempat digadang-gadang menjadi Dirjen Hubla, ia mengatakan tidak menjadi soal. Menurutnya, baik Dwi Budi yang kini menjabat Direktur Lalu Lintas (Dirlala) maupun Agus Purnomo keduanya memiliki kekuatan yang bagus.

“Yang penting kita bisa bekerjasama. Hasilnya juga sudah terlihat. Dengan keduanya kita sudah saling mengenal baik. Dirjen Hubla yang sekarang juga terbuka dengan kita. Semoga bukan hanya dengan INSA, tapi dengan seluruh pihak swasta lainnya juga dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan satu sama lain,” pungkasnya.(vin)