Pemprov Sulbar Uji Coba Ekspor Cangkang Sawit -->

Iklan Semua Halaman

Pemprov Sulbar Uji Coba Ekspor Cangkang Sawit

Khalied Malvino
24 November 2017
Cangkang sawit | Istimewa
Mamuju, eMaritim.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) berencana akan menguji coba ekspor barang berupa cangkang sawit melalui Pelabuhan Belang-Belang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, ke sejumlah negara pada Desember 2017.

Usai menggelar rapat kerja bidang perhubungan di Hotel Maleo Mamuju, Kamis (23/11/2017), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulbar, Khaeruddin Anas mengatakan, pihaknya optimis untuk mengekspor cangkang sawit di akhir tahun 2017.

"Yang pasti bahwa akhir 2017 kami berharap Belang-belang sudah melakukan proses ekspor, bahkan bulan depan kita akan uji coba ekspor cangkang sawit ke Jepang, kita juga sedang merancang kontainer yang cocok untuk ekspor cangkang tadi," ujar Anas seperti dikuitp rakyatku.com.

Ia menambahkan, pihak Pelindo yang menjadi mitra kerjasama telah menyiapkan kapal angkutan bermuatan lebih dari 10.000 ton. "Kalau untuk Pelabuhan Belang-Belang di desain kita memang akan jadikan pelabuhan ekspor," jelasnya.

Namun ia mengaku, di Pelabuhan Belang-Belang masih kekurangan crane sebagai alat pengangkat barang. "Oleh karenanya, kita akan bekerjasama nantinya dan mereka (Pelindo) menyediakan kapal yang memiliki crane," tutupnya.(*)