Kronologis Meninggalnya ABK Tug Boat Alpine Marine 12 -->

Iklan Semua Halaman

Kronologis Meninggalnya ABK Tug Boat Alpine Marine 12

10 Januari 2018
Jakarta, eMaritim.com


Kecelakaan kerja yang menimpa ABK Tug Boat Alpine Marine 12 di Palembang kemarin memakan korban atas nama :

1. Muhamad Faidon umur 38 tahun dengan jabatan Chief Officer berasal dari Pati,  Jawa Tengah

2. Muhammad Muzaki umur 27 tahun,  Jabatan Masinis 3, berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah

3. Susilo umur 21 tahun,  Jabatan AB/ juru mudi,  asal dari d
Demak, Jawa Tengah.

Adapun kejadian bermula ketika mereka diminta bekerja kedalam tangki Tongkang Nautika 14 dan masuk dari Manhole. Saat itu Tug Boat dan Tongkang sedang sandar di daerah Pulau Kerto Gandus Palembang pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2017 sekira jam 15.30 wib.

Nakhoda kapal TB Alpine Marine 12 saat itu adalah Febi pratama umur 30 tahun berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Kronologis kejadian seperti yang dilaporkan Ketua PPI (Pergerakan Pelaut Indonesia)  Andriyani Sanusi adalah sebagai berikut:

Dilaporkan pada hari Senin tanggal 9 Januari 2018 sekira jam 10.00 WIB korban Chief Officer M.Faidon dan rekan rekan mulai membuka tutup manhole tongkang dikarenakan tangki tongkang berisi air dan diduga bocor.

Pada pukul 15.30  Chief Officer M. Faidon mulai masuk lewat manhole dengan maksud untuk menguras air didalam tongkang, kemudian di susul oleh M.Muzaki. Dikarenakan di dalam tangki tersebut diperkirakan ada gas beracun maka kedua korban kehabisan nafas dan keracunan. Melihat hal tersebut Jurumudi Susilo ikut turun untuk menolong 2 rekan nya  dan ternyata Susilo juga ikut keracunan dan meninggal dunia di tempat.

Ketiga korban kemudian di evakuasi dan dibawa ke RS Bhayangkara untuk dilakuakn outopsi.

Kejadian serupa pernah terjadi akhir tahun 2017, dimana ABK Kapal bekerja didalam tangki yang belum dilakukan Gas Free dan meninggal dunia.

Pengetahuan ABK Kapal mengenai bahaya memasuki Enclose Space belum tersosialisasi dengan baik, dan kejadian itu akhirnya terulang lagi dan kembali menimpa awak kapal Tug Boat.

Dari beberapa kecelakaan yang berakibat fatal,  nampaknya pengetahuan dan Good Semanship diatas kapal Tug Boat dan LCT yang dipimpin oleh Nakhoda umumnya sekelas ANT 4 harus mendapat perhatian khusus. (zah)