» » Dynamic Positioning Operator, Profesi Pelaut Dengan Gaji Selangit.

Jakarta 19 Maret 2018


Karir di dunia kepelautan terbentang luas mulai dari yang kelas pelayaran sungai, pelayaran dalam negeri, pelayaran Ocean Going sampai kepada kelompok berbayaran sangat tinggi yang dikenal di dunia kepelautan, salah satunya yaitu DP Operator (Dynamic Positioning).
Semakin tinggi skill pelaut, semakin besar pula bayaran yang diterima.

Tidak banyak pelaut berlisesnsi DPO, karena memang kualifikasi yang disyaratkan sangat tinggi, tempat training dan test nya pun tidak banyak. Indonesia sementara hanya memiliki tempat training dan test di Semarang, yang mendapat akreditasi dari Nautical Institute, UK pada tahun 2016 lalu.

Umumnya para DP operator ini bekerja diatas kapal kapal yang berhubungan dengan industri minyak dan gas seperti kapal Anchor Handling Tug Supply (AHTS), kapal Cable Laying, Pipe Laying,  Diving Support Vessel (DSV), Tanker, dan Drill Ship. Tahapan untuk menjadi DP Operator yang senior (SDPO) harus dilalui dengan bertahun pengalaman serta test yang berstandard internasional dengan tentunya selalu harus di refresh secara berkala.

Belakangan muncul kelompok DPO di Indonesia yang mulai menggabungkan para spesialis yang berjumlah ratusan ini dalam sebuah wadah, walaupun belum memiliki badan resmi.
Capt. Arnold Taemnanu (081213161019) menjadi inisiator untuk mengumpulkan mereka yang diharapkan akan berkembang kearah yang positif kedepannya.

Bisa dipahami kekhususan ini, karena Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak tenaga pelaut ahli dibidang offshore dibanding negara lain di Asia. Diharapkan dengan bergabungnya mereka dalam sebuah wadah, maka pengembangan SDM dibidang pelayaran Offshore bisa ditingkatkan dan dikuasai oleh para Perwira Pelayaran Indonesia.

Dengan gaji perhari antara 600-1000 USD (tergantung iklim industri), para DP Operator bisa disebut sebagai pelaut dengan golongan yang sangat tinggi. Profesi lain di bidang pelayaran yang memiliki gaji dengan hitungan tinggi lainnya adalah Deep Sea Pilot, dengan rate sekitar 1000 USD setiap kali memandu kapal, dan terakhir adalah profesi Rig Mover dengan bayaran antara 1500-2500 USD perharinya, yang terakhir ini jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari. Tertarik? (zah)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini