» » » Kapal Maersk Honam Terbakar di Laut India, 4 Orang Kru Kapal Hilang

Foto Proses Pemadaman Api pada Kapal Maersk Hanom
India, eMaritim.com – Kapal kontainer super besar milik Maersk Line terbakar di laut India pada 7 Maret 2018, kapal yang terbakar tersebut bernama Maersk Honam, belum diketahui pemyebab kebakaran tersebut, dalam kejadian ini 23 kru kapal selamat, dan 4 orang kru kapal hilang.

Menurut informasi yang dilansir dari website Maersk Line kapal terbakar di bagian depan dan menghanguskan kurang lebih dari 10 peti kemas, tidak mengenai lambung kapal hanya dibagian atas kapal yang terbakar, sehingga kapal tetap mengapung diatas permukaan laut.

Kejadian bermula adanya ledakan pada salah satu kargo, dan menimbulkan ledakan api yang sangat besar yang menyambar hingga melintas jembatan kapal setinggi 25 meter yang berada pada posisi depan kapal.

Kru kapal mencoba memadamkan api dengan alat pemadam yang tersedia dari bagian kapal, namun karena api terlalu besar, kru kapal tak dapat memadamkannya, sehingga pemanggilan bantuan pun di lakukan oleh nahkoda kapal tersebut dengan mengirimkan sinyal darurat.

23 kru kapal yang selamat langsung dibawa menggunakan kapal penyelamat KM ALS Ceres, masih ada 4 orang kru kapal yang menghilang belum ditemukan.

Posisi kapal tersebut terlihat berada pada 0100 UTC dan berada di 10 05N 065 37E, pada saat kejadian ada 3 kapal kontainer lain yang jaraknya tak terlalu jauh, sehingga disarankan oleh keamanan laut setempat untuk tidak melewati jalur tersebut.

Kru kapal dari negara India berjumlah 13 orang, Rumania 1 orang, Afrika Sleatan 1 orang, Filipina 9 orang, Thailand 2 orang, dan Inggris 1 orang.

Kru kapal yang hilang 3 orang berasal dari negara Filipina dan 1 orang dari India.

Seperti diketahui kapal tersebut membawa 7860 kontainer dari Singapura menuju Suez, dan spesifikasi kapal tersebut;  9784271 IMO, 125621 dwt, dengan kapasitas 15282 TEU’s, dibangun tahun 2017 dengan bendera  Singapura.(*/hp)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini