Perahu Nelayan Tenggelam di Perairan Pelawangan Jember Jawa Timur, 7 Orang Hilang -->

Iklan Semua Halaman

Perahu Nelayan Tenggelam di Perairan Pelawangan Jember Jawa Timur, 7 Orang Hilang

19 Juli 2018
Ilustrasi | Istimewa
Jember, eMaritim.com – Telah terjadi kecelakaan kapal tenggelam di peraiaran Pelawangan, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (19/7/2018). Kapal tersebut merupakan jenis perahu nelayan yang tenggelam karena diterjang ombak tinggi, menurut info yang diterima sebanyak 5 orang tewas, 9 orang selamat dan 7 orang dinyatakan hilang.

Menurut sejumlah informasi yang didapat, kapal nelayan tersebut mengangkut 21 orang ABK, peristiwa kapal tenggelam itu terjadi sekitar pukul 08.15 WIB.

“Yang tenggelam perahu payang bernama Joko Berek yang dinahkodai Haji Dirman (50),” kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kamis (19/7/2018) seperti dikutip faktualnews.

Menurut Kapolres, Dirman merupakan warga Dusun Mandaran I, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger. Saat itu ia bersama anak buah kapalnya pulang melaut. Namun, kapal tersebut karam setelah dihantam ombak di Pelawangan.

Hingga saat ini petugas kepolisian bersama Tim SAR dan relawan tengah berusaha mencari korban-korban yang hilang. Proses pencarian hingga pukul 13.00 WIB masih dilakukan.

Sementara itu, menurut warga setempat Pelawangan adalah kawasan perairan laut selatan tempat kapal keluar dan masuk dari muara Besini. Dalam bahasa Jawa, Pelawangan artinya pintu. Beberapa kali kecelakaan laut yang memakan korban terjadi di kawasan ini.

Saat kapal dihantam ombak besar, sejumlah warga yang menyaksikan di pantai menjerit dan menangis histeris. Karena lokasi kapal yang diterjang ombak tak jauh dari daratan. (*)