» » » Kontur Tanah Lunak, Jalan Pelabuhan Patimban Dibangun Melayang

Jakarta, eMaritim.com - Proyek Pelabuhan Patimban nantinya akan memiliki jalan sepanjang 5,9 km yang akan dibangun diatas tiang dengan menggunakan pile slab, lalu 1,6 km akan dibangun type flyover dan 700 meter dibangun diatas timbunan tanah.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan bahwa alasannya untuk membangun jalan dengan konstruksi sebagian besar melayang dikarenakan tanahnya merupakan jenis tanah yang lunak.

Total panjang jalan akses Pelabuhan Patimban mencapai 8,2 km dengan lebar jalan 9,75 meter di kedua lajur. Pekerjaan awal akan dimulai dari jalan di dekat pelabuhan, sementara pembebasan lahan saat ini sudah mencapai 90%.

"Jadi nanti masuknya dari jalur pantura masuk ke arah pelabuhan," kata Sugiyartanto di Gedung Bina Marga Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (14/8/2018) seperti dikutip detik.

Pelabuhan Patimban sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.58 tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres No 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembangunan Pelabuhan Patimban dan jalan aksesnya didanai oleh Pemerintah Jepang melalui JICA dengan Kementerian Perhubungan sebagai Executing Agency, dan Kementerian PUPR sebagai Implementing Agency. Total pinjaman untuk pembangunan Pelabuhan Patimban sebesar JPY 118,9 miliar atau sekitar Rp 13,8 triliun sedangkan untuk jalan akses tahap I mencapai Rp 1,2 triliun (termasuk paket supervisi). (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini