Kapal Kemanusiaan untuk Gempa Bumi Palu -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Kemanusiaan untuk Gempa Bumi Palu

30 September 2018
Jakarta, eMaritim.com - Setelah kemarin (29/9) mengirimkan 1 unit kapal patroli KNP. Pasatimpo P-212 milik Pangkalan PLP Bitung bermuatan bahan bantuan kemanusiaan untuk para warga yang terkena musibah gempa di wilayah Sulawesi Tengah, hari ini (30/9) akan diberangkatkan lagi 1 unit kapal negara kenavigasian KN. Miang Besar milik Distrik Navigasi Samarinda menuju Palu.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo yang saat ini berada di Palu mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk meninjau kondisi pasca gempa mengatakan bahwa kapal negara KN. Miang Besar akan diberangkatkan dari Samarinda hari ini (30/9) pukul 12.00 WITA yang diperkirakan akan tiba di Palu besok (1/10) pukul 09.00 WITA.

"Kapal KN. Miang Besar hingga saat ini telah memuat 3.544 unit bahan pokok, bagi masyarakat sekitar Samarinda yang ingin menyumbang bagi warga Palu, Donggala dan sekitarnya akibat gempa dan tsunami masih dapat menyampaikan bantuannya sebelum kapal diberangkatkan menuju Palu," ujar Dirjen Agus.

Dirjen Agus juga memerintahkan agar kapal KN. Miang Besar untuk mengisi air tawar maksimum di tangki kapal dengan kapasitas 200 ton untuk kemudian dapat diberikan sebagian air tersebut kepada masyarakat di Palu dan Donggala yang kekurangan air bersih.

Dirjen Agus menambahkan berikutnya ada kapal patroli KPLP KN. Gandiwa dari Pangkalan PLP Bitung dan Kapal Kenavigasian KN. Merak dari Distrik Navigasi Bitung yang juga direncanakan berangkat menuju Palu.

"Hingga saat ini, 4 kapal negara telah diperbantukan untuk membawa misi kemanusiaan musibah gempa bumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah. 1 kapal KNP. Pasatimpo P-212 sudah diberangkatkan kemarin dan 1 kapal KN. Miang Besar akan diberangkatkan hari ini dan 2 kapal lainnya menunggu terkumpulnya bahan bantuan dari masyarakat sekitar," jelas Dirjen Agus.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam misi kemanusiaan Kementerian Perhubungan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah dapat menghubungi Koordinator dan Pengendali Posko Peduli di Samarinda yaitu M.Dahri di 0822 13 200 300,Toto Mukarto (0811 100 707) Triono (0852 4192 9214)  dan Widji (081346325507).

Sementara itu, posko Quick Response Team (QRT) Kementerian Perhubungan yang telah terbentuk sejak (28/9) lalu, terus memonitor dan memantau kondisi pasca gempa bumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah. (*)